PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP N 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA (STUDY ANALISIS KERJASAMA GURU BK DAN GURU PAI DALAM MENGATASI MASALAH SISWA)

Hujjatul Arifin, NIM.: 07410181 (2011) PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP N 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA (STUDY ANALISIS KERJASAMA GURU BK DAN GURU PAI DALAM MENGATASI MASALAH SISWA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP N 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA (STUDY ANALISIS KERJASAMA GURU BK DAN GURU PAI DALAM MENGATASI MASALAH SISWA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP N 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA (STUDY ANALISIS KERJASAMA GURU BK DAN GURU PAI DALAM MENGATASI MASALAH SISWA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk kerjasama antara guru BK dengan guru PAI dalam mengatasi masalah siswa di SMP N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mangusulkan dalam pengembangan BK dengan PAI dalam mengatasi masalah siswa di SMP N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP N 1 Seyegan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakuakan dengan menggunakan metode analisis data deskriptif analisis non statistik, yaitu menganilisis data yang digambarkan dengan kata-kata menguraikan, serta mengadakan penafsiran data-data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Program BK dan PAI di SMP N 1 Seyegan diberikan kepada siswa secara langsung untuk memberikan bantuan dan arahan dalam masa perkembangannya. Program yang diberikan terdiri dari bimbingan pribadi, sosial, belajar dan bimbingan karier. (2) Bentuk kerjasama antara guru BK dengan PAI dalam pelaksanaannya, terdapat dua hubungan yakni formal dan informal. Adapun bentuk kerjasama tersebut dalam mengatasi masalah siswa sebagai berikut: secara preventif, melalui pendekatan psikologi yang di lakukan guru BK dengan pendekatan persuasive. Sedangkan guru PAI menggunakan pendekatan keagamaan, yang di mana dalam membimbing siswa dengan menggunakan pendekatan emosional dan funfsional, dimana siswa yang bermaslah diberikan penanganan dan pengarahan dengan pemberian ayat-ayat alquran yang berkaitan dengan masalah yang sedang siswa hadapi dan siswa juga diajak berfikir kemudian memahami dan menghayati makna ayat tersebut. Secara preservatif, bentuk pemeliharaan ini dengan mengamati, memeperhatikan, memantau dan membina siswa pada umumnya, khusunya terhadap siswa yang sudah pernah bermasalah dan mendapatkan layanan bimbingan sehingga siswa tersebut selalu terkontrol dan terjaga perubahannya. (3) Implementasi program BK dan PAI dalam menyelesaikan masalah siswa dapat dilihat dengan adanya beberapa masalah yang telah ditangani seperti masalah pribadi, sosial, belajar dan masalah karier. Masalah-masalah tersebut dapat di atasi dengan adanya pelaksanaan beberapa program layanan dan bimbingan yang dilakukan oleh guru BK dan guru PAI yang dimana dari pelaksanaan program tersebut membrikan suatu perubahan pada diri siswa, khususnya mereka yang pernah mendapatkan layanan dan bimbingan secara langsung dari guru BK dan guru PA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam, MA
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Guru PAI, Masalah Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 09:34
Last Modified: 03 May 2023 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum