KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI TK ABA SILIRAN II GALUR KULON PROGO

Vemi Yuliana, NIM.: 07410171 (2011) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI TK ABA SILIRAN II GALUR KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI TK ABA SILIRAN II GALUR KULON PROGO)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI TK ABA SILIRAN II GALUR KULON PROGO)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa guru dituntut untuk profesional secara maksimal mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru salah satunya mampu mengelola pembelajaran secara kreatif. Dalam kenyataannya tidak semua guru mampu mengelola pembelajaran secara kreatif, permasalahannya adalah bagaimana kreativitas guru dalam pembelajaran Agama Islam di TK ABA Siliran II ? dan kendala apa yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kreativitas pembelajaran Agama Islam di TK ABA Siliran II ? Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan, mengkritik, menganalisa, dan memberikan solusi terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi membantu guru menjadi lebih kreatif dalam pembelajaran, baik dari deskripsi sampai dengan solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di TK ABA Siliran II, Galur, Kulon Progo. Penelitian dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan dua modus, yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian : (1) Kreativitas guru dalam pembelajaran Agama Islam dikatakan baik dilihat dari cara belajar siswa saat menerima pelajaran, metode yang digunakan guru bervariasi yaitu klasikal, ceramah, tanya jawab (2) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kreativitas yaitu berasal dari siswa yang sulit dikendalikan dalam kelas karena bercanda dengan temannya, juga menyebabkan kegaduhan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Pembelajaran Agama Islam, Guru Profesional
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 09:24
Last Modified: 03 May 2023 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum