EFEKTIFITAS SISTEM FULLDAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SDIT SALSABILA KLASEMAN SLEMAN)

Moch. Syukron Na’im, NIM.: 07410186 (2011) EFEKTIFITAS SISTEM FULLDAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SDIT SALSABILA KLASEMAN SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS SISTEM FULLDAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SDIT SALSABILA KLASEMAN SLEMAN))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS SISTEM FULLDAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SDIT SALSABILA KLASEMAN SLEMAN))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih belum berhasilnya pendidikan moral dilihat dari parameter kejahatan dan kenakalan remaja yang meningkat pada tahun 2010. Dilihat dari esensinya seperti yang terlihat dari kurikulum pendidikan agama yang lebih mengajarkan pada dasar-dasar agama, sementara akhlak atau kandungan nilai-nilai kebaikan belum sepenuhnya disampaikan. Dilihat dari metode pendidikan pun tampaknya terjadi kelemahan karena metode pendidikan yang disampaikan dikonsentrasikan atau terpusat pada pendekatan otak kiri/kognitif, yaitu hanya mewajibkan peserta didik untuk mengetahui dan menghafal konsep dan kebenaran tidak menyentuh perasaan, emosi, dan nuraninya. Berangkat dari permasalahan tersebut maka SDIT Salsabila Klaseman ini menggunakan sistem full day school yang didalamnya tidak hanya memberikan pendidikan umum, namun juga pendidikan agama dan penanaman nilai-nilai kebaikan dan praktek perilaku dan penerapan nilai kebaikan dan akhlak mulia dalam kehidupan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil latar SDIT Salsabila Klaseman Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik pemeriksaan yang memanfaatkan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, penerapan sistem full day school dalam pembentukan karakter peserta didik di SDIT Salsabila Klaseman berjalan baik, karena materinya sangat mendukung dalam upaya penanaman karakter pada peserta didik. Kedua, sistem full day school yang diterapkan di SDIT Salsabila ini bisa dikatakan efektif dalam pembentukan karakter peserta didik. Dilihat dari beberapa aspek tugas dan fungsi, rencana atau program, ketentuan atau aturan dan tujuan kondisi ideal. Dilihat dari tugas dan fungsi belum berjalan efektif karena ada beberapa komponen yang belum melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Dilihat dari aspek program atau rencana sudah efektif, ini terlihat sudah berjalannya program-program yang telah direncana oleh kurikulum. Dilihat dari aspek ketentuan dan aturan terkait siswa, belum efektif karena siswa masih banyak yang melanggar ketentuan dan aturan. Sedangkan dilihat dari tujuan juga tergolong efektif, hal ini dapat dilihat dari tercapainya tujuan sekolah yang merujuk kepada visi misi sekolah yitu “cakap, cendekia dan berakhlak mulia”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Tasman Hamami, MA
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Sistem Full day School, Kurikulum
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 09:55
Last Modified: 03 May 2023 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58255

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum