PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK : KAJIAN TERHADAP NOVEL DENGAN JUDUL TOTTO-CHAN: GADIS CILIK DI JENDELA KARYA TETSUKO KUROYANAGI

Luqman Lutfiyanto, NIM.: 07410225 (2011) PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK : KAJIAN TERHADAP NOVEL DENGAN JUDUL TOTTO-CHAN: GADIS CILIK DI JENDELA KARYA TETSUKO KUROYANAGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK : KAJIAN TERHADAP NOVEL DENGAN JUDUL TOTTO-CHAN: GADIS CILIK DI JENDELA KARYA TETSUKO KUROYANAGI)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK : KAJIAN TERHADAP NOVEL DENGAN JUDUL TOTTO-CHAN: GADIS CILIK DI JENDELA KARYA TETSUKO KUROYANAGI)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari pada suatu asumsi bahwa peran sastra tidak hanya menjadi sebuah seni yang menghibur semata, namun bisa menjadi sarana untuk mendidik. Arus globalisasi telah mengarahkan dunia pendidikan agar lebih kreatif dalam memanfaatkan media pendidikan. Permasalahan pendidikan karakter juga menjadi hal yang penting dan menarik untuk dibicarakan. Oleh karena itu, peran media dan masalah pendidikan karakter yang berkembang saat ini harus ada titik singgung. Sehingga nantinya ditemukan strategi yang tepat untuk mengatasi maupun mengantisipasi masalah-masalah pendidikan yang berkembang saat ini. Kajian terhadap karya sastra khususnya novel menjadi salah satu alternatif. Novel Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi adalah salah satu jenis novel pendidikan yang sarat akan nilai-nilai pendidikan karakter khususnya bagi anak. Didalamnya juga terdapat bentuk dan strategi yang variatif, yang sekiranya bisa menjadi rujukan bagi proses pelaksanaan pendidikan karakter yang penuh inovasi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu tentang bentuk-bentuk pendidikan karakter bagi anak dalam novel Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela dan relevansinya dengan pendidikan islam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan, yaitu bagi pengembangan inovasi penerapan metode dan bentuk pendidikan karakter bagi anak melalui karya sastra. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatis dan obyektif. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis bahasa (Semiotik), dengan fokus kajian yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter bagi anak yang terkandung dalam karya sastra, yang dalam hal ini mengambil subyek novel Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Bentuk pendidikan karakter dalam novel Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi dibagi menjadi beberapa komponen, meliputi: siswa (sikap menghormati terhadap sesama, menyayangi, taat, dan semangat bersekolah), guru (sosok guru yang tekun, sabar, mempunyai kepedulian terhadap murid-muridnya, guru yang menyenangkan, dan memiliki keteladan terhadap murid-muridnya), sekolah, materi dan produk (kepedulian terhadap sesama, pelajaran yang bebas dan mandiri, berjalan-jalan sambil belajar, mengenal satu dengan yang lainnya, menghormati lingkungan, bercerita di depan kelas, dan keteladanan). (3) Relevansi pendidikan karakter dalam novel Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela dengan pendidikan yang mencakup tentang kepedulian terhadap sesama, tolong menolong, kesabaran, menuntut ilmu, budi pekerti, pantang menyerah, dan optimis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Susilaningsih, MA.
Uncontrolled Keywords: Novel Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela, Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 08:57
Last Modified: 04 May 2023 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58277

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum