METODE PENDIDIKAN DALAM PENANGANAN ANAK DISLEKSIA (STUDI TERHADAP FILM TAARE ZAMEEN PAR)

Sri Supriyanti, NIM.: 07410228 (2011) METODE PENDIDIKAN DALAM PENANGANAN ANAK DISLEKSIA (STUDI TERHADAP FILM TAARE ZAMEEN PAR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN DALAM PENANGANAN ANAK DISLEKSIA (STUDI TERHADAP FILM TAARE ZAMEEN PAR))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN DALAM PENANGANAN ANAK DISLEKSIA (STUDI TERHADAP FILM TAARE ZAMEEN PAR))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa pendidikan tidak harus disampaikan lewat lembaga formal seperti sekolah, akan tetapi pendidikan juga bisa disampaikan lewat alternatif media pendidikan lain seperti film Taare Zameen Par yang mengandung pesan edukatif dalam memberikan pengajaran kepada anak penyandang disleksia. Dalam film ini menyuguhkan metode-metode yang menarik dalam mengenalkan kembali huruf-huruf kepada penyandang disleksia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui metode pendidikan yang digunakan dalam menangani anak disleksia yang terdapat dalam film Taare Zameen Par. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang mengambil objek film Taare Zameen Par. Penelitian ini juga merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan semiotic. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analitik dengan tehnik analisis isi (content analysis) dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film Taare Zameen Par memiliki banyak metode pendidikan yang menarik dalam mengajarkan hurufhuruf yang sulit di pahami kepada penyandang disleksia. Metode-metode penanganan anak disleksia dalam film Taare Zameen par diantaranya adalah metode cerita dengan cara mendekati untuk menggugah semangat, tanya jawab agar peserta didik aktif serta dalam kelas, metode pemberian tugas untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab kepada peserta didik, problem solving yang harus ditempuh dalam mengambil pemecahan masalah yang sedang dihadapi, metode simulasi digunakan agar peserta didik ikut serta merasakan dan terlibat serta dalam rangkaian kegiatan pembelajaran yang diberikan pendidik, metode drill/latihan, pemberian pujian dan semangat kepada peserta, metode pemahaman mengajarkan kepada penyandang disleksia untuk dapat memperhatikan dengan lebih seksama, memotivasi dari kegagalan kemudian dapat dilakukan pula beberapa metode dalam membantu anak disleksia dalam belajar dengan metode multi sensory, Metode Phonic (bunyi) dan membangun rasa percaya diri serta dengan menggunakan system lesson study.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Film Taare Zameen Par, Penanganan Anak Disleksia, Proses Pembelajaran
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 09:00
Last Modified: 04 May 2023 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58278

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum