PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI WAHANA PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK PRA SEKOLAH DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH FULL DAY PANDES WEDI KLATEN

Muhamad Kusuma Ismail, NIM.: 07410235 (2011) PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI WAHANA PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK PRA SEKOLAH DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH FULL DAY PANDES WEDI KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI WAHANA PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK PRA SEKOLAH DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH FULL DAY PANDES WEDI KLATEN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI WAHANA PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK PRA SEKOLAH DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH FULL DAY PANDES WEDI KLATEN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah carut marutnya pendidikan di Indonesia yang disebabkan karena pendidikan hanya menitik beratkan kecerdasan intelektual tanpa disertai penanaman karakter-karakter positif pada peserta didik. Hal ini dapat berdampak buruk bagi masa depan pendidikan di Indonesia. Karena itu Kelompok Bermain Aisyiyah Full Day berusaha menanamkan nilai-nilai karakter pada para santrinya yang masih pra sekolah, terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, bagaimana proses pembentukan karakter, apa peran PAI dalam pembentukan karakter, apa faktor pendukung dan penghambat PAI sebagai wahana pembentukan karakter pada anak pra sekolah di Kelompok Bermain Aisyiyah Full Day. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap jalannya pembelajaran pendidikan agama Islam dan penerapannya sebagai sarana pembentukan karakter pada anak pra sekolah di Kelompok Bermain Aisyiyah Full Day Pandes. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI serta dapat mempermudah pembentukan karakter pada anak pra sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Kelompok Bermain Aisyiyah Full Day Pandes Wedi Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan kurikulum integratif di mana PAI mempunyai porsi yang besar di dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di Kelompok Bermain Aisyiyah Full Day Pandes. (2) Proses pendidikan karakter diselipkan di semua pembelajaran yang dilaksanakan di Kelompok Bermain Aisyiyah Full Day dengan strategi bermain sambil belajar, praktek langsung, pembiasaan, tanya jawab. (3) Peran Pendidikan Agama Islam sangatlah penting dalam pembentukan karakter, hal ini dikarenakan Kelompok Bermain Aisyiyah Full Day ingin membangun karakter para santri berdasarkan kaidah Islam, selain itu Pendidikan Agama Islam juga berfungsi sebagai pengawal serta pengarah pembentukan karakter. (4) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan agama Islam sebagai wahana pembentukan karakter di Kelompok Bermain Aisyiyah Full Day adalah adanya rujukan yang jelas serta keuletan dan semangat para ustadzah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga serta pendidikan yang masih belum sesuai kriteria.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Rencana Kegiatan Harian, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 09:03
Last Modified: 04 May 2023 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58279

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum