EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MOVING CLASS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2010/2011

Kuni Adibah, NIM.: 07410271 (2011) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MOVING CLASS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MOVING CLASS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MOVING CLASS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari sebuah realita tentang implementasi Moving Class di SMA N 1 Pleret yang mana sekolah ini ditunjuk untuk menerapkan RSKM (Rintisan Sekolah Kategori Mandiri) sehingga SMA N Pleret mencoba menerapkan Moving Class. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas yang dicapai dari implementasi moving class dalam pembelajaran PAI kelas XI SMA N 1 Pleret, Bantul, Yogyakarta (2) faktor yang mendorong dan menghambat moving class serta penanganan di SMA N 1 Pleret. Jenis penyusunan pada skripsi ini adalah penyusunan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI kelas XI, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan peserta didik kelas XI SMA N 1 Pleret. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah snow ball sampling, dengan metode pengumpulan data yang meliputi observasi/pengamatan, interview/wawancara, inventori/angket dan dokumentasi. Hasil penyusunan menunjukkan bahwa dalam penggunaan Moving Class dapat menghasilkan: (1) Implementasi Moving Class cukup efektif untuk peningkatan kualitas proses pembelajaran. Dengan jumlah nilai 91. Hasil pembelajaran PAI kelas XI dengan jumlah nilai 88 dikatakan cukup meningkat efektivitasnya. (2) Waktu proses pembelajaran PAI kelas XI dengan skor nilai 111 dikatakan cukuptepat. Waktu proses Moving Class dengan jumlah nilai 94 dapat dikatakan cukup tepat. waktu hasil pembelajaran dengan nilai 105 dapat dikatakan cukup tepat. (3) Ketaatan siswa dalam mentaati tata tertib SMA N 1 Pleret dengan jumlah 96 dapat dikatakan cukup taat. Kehadiran guru dalam pembelajaran PAI kelas XI dengan nilai 114 dikatakan cukup tepat. Kehadiran siswa dalam pembelajaran PAI kelas XI dengan nilai 93 dikatakan cukup tepat. Daftar hadir dilaksanakan baik sebelum atau sesudah pembelajaran PAI di kelas XI dengan skor 147 dikatakan sering dilaksanakan. (4) Penggunaan kombinasi metode dalam pelajaran PAI kelas XI dengan jumlah nilai 102 dapat dikatakan cukup meningkat. Penggunaan kombinasi strategi dalam pelajaran PAI kelas XI dengan jumlah skor 109 dikatakan cukup meningkat. Penggunaan kombinasi media dalam pelajaran PAI kelas XI dengan jumlah skor 96 dikatakan cukup meningkat. (5) Keberanian siswa kelas XI dalam bertanya ketika pelajaran PAI dengan jumlah nilai 100 dikatakan cukup meningkat. Keberanian siswa kelas XI dalam menjawab baik pertanyaan dari guru maupun dari siswa yang lain ketika pelajaran PAI dengan jumlah angka 94 dapat dikatakan cukup meningkat. Keberanian siswa kelas XI dalam mengemukakan pendapat ketika pelajaran PAI dengan jumlah angka 85 dapat dikatakan cukup meningkat. Keberanian siswa kelas XI dalam bersikap terbuka ketika pelajaran PAI dengan jumlah nilai 111 dapat dikatakan meningkat. (6) Kedisiplinan siswa kelas XI dalam pelajaran PAI degan jumlah nilai 116 dapat dikatakan meningkat. Keseriusan belajar siswa kelas XI dalam pelajaran PAI dengan jumlah skor 112 dapat dikatakan meningkat. Prestasi belajar siswa kelas XI dalam pelajaran PAI dengan jumlah nilai 143 dapat dikatakan sangat meningkat Motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI dalam pelajaran PAI dengan jumlah nilai 101 dapat dikatakan meningkat. Secara keseluruhan dapat diketahui bahwa Moving Class cukup efektif diterapkan pada pembelajaran PAI N 1 Pleret.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Moving Class, Pembelajaran PAI, Pendidikan Agama
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 09:10
Last Modified: 04 May 2023 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum