PENERAPAN STRATEGI TV COMMERCIAL DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X4 MAN GANDEKAN BANTUL

Satria Nurul Islam, NIM.: 07410288 (2011) PENERAPAN STRATEGI TV COMMERCIAL DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X4 MAN GANDEKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI TV COMMERCIAL DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X4 MAN GANDEKAN BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI TV COMMERCIAL DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X4 MAN GANDEKAN BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masih kurangnya keaktifan siswa pada proses pembelajaran, tidak terlihat adanya antusias yang besar dan rasa senang yang tinggi ketika mengikuti pelajaran Aqidah Akhlak. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi TV Commercial pada pembelajaran Aqidah Akhlak dan meningkatkan keaktifan siswa kelas X4 setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MAN Gandekan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana yang berupa angka yang diperoleh dari hasil observasi keaktifan siswa pada saat pembelajaran untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Keaktifan siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak siswa di kelas X4 MAN Gandekan Bantul sebelum pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2) Penerapan strategi TV Commercial pada pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas X4 Bantul dilaksanakan dalam tiga siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan dengan menggunakan strategi TV Commercial berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. Terjadi perubahan perilaku peserta didik secara bertahap dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak dengan strategi TV Commercial cukup signifikan. Peningkatan keaktifan siswa terlihat pada perhatian siswa terhadap penjelasan guru, berani bertanya, berpendapat, bersemangat ketika berdiskusi, mengerjakan soal, memperhatikan siswa lain yang sedang presentasi, kemauan menjawab pertanyaan, berani menampilkan gagasan/ ide ketika memainkan prosedur, dan perasaan senang terhadap materi pelajaran. Keaktifan siswa dilihat dari hasil observasi awal rata-rata 1,44 untuk keaktifan yang semuanya masuk dalam kategori rendah, pada siklus I keaktifan peserta didik rata-rata menjadi 1,49 masih dalam kategori rendah untuk keaktifan, pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan rata-rata 2,34 untuk keaktifan, dan pada siklus III menjadi rata-rata semua 2,72 yang masuk dalam kategori tinggi. Peningkatan keaktifan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori rendah, sedang, dan akhirnya menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Strategi TV Commercial, Keaktifan Siswa
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Akhlak - Etika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 09:24
Last Modified: 04 May 2023 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58285

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum