PERAN MENTORING TERHADAP PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF SISWA DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA

Anna Khoirunisa, NIM.: 07410303 (2011) PERAN MENTORING TERHADAP PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF SISWA DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MENTORING TERHADAP PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF SISWA DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN MENTORING TERHADAP PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF SISWA DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ranah afektif siswa belum sepenuhnya terpenuhi oleh pelajaran PAI di kelas. Program mentoring merupakan upaya yang dilakukan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta untuk memenuhi ranah afektif siswa yang belum sepenuhnya terpenuhi di kelas. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan Program Mentoring di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta? (2) Bagaimana peran mentoring terhadap pengembangan ranah afektif siswa di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta? (3) Apakah faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan mentoring di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Program Mentoring, mengetahui peranya dalam pengembangan ranah afektif siswa di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengelola-pengelola mentoring yang ada di Yogyakarta untuk mengoptimalkan peran mentoring terhadap perkembangan ranah afektif siswaPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah memberi interpretasi dengan menggunakan pemikiran induksi. Pemikiran induksi merupakan pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta khusus yang kemudian dari fakta tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan sikap dan perilaku siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta setelah mengikuti mentoring. Perubahan tersebut meliputi perubahan sikap dan perubahan perilaku, perubahan sikap siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta setelah mengikuti mentoring adalah: (1) dapat mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari (2) terkontrol akhlaknya, sedangkan perubahan perilaku setelah mengikuti mentoring adalah: (1) siswa putri terbiasa memakai jilbab baik di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah, (2) tidak pacaran, (3) Terbiasa melaksanakan shalat 5 waktu dan sholat-shalat sunah, (4) terbiasa membantu kedua orang tua, (5) terbiasa berbicara sopan, (6) Menghormati yang lebih tua dan terbiasa menjaga diri dari hal-hal buruk. Faktor pendukung Program Mentoring ini adalah dukungan dari pihak birokrasi, ekskul wajib, tersedianya mentor dan adanya forum pengelola mentoring. Adapun faktor penghambatnya adalah kesibukan pengelola mentoring, kurang optimalnya forum pengelola mentoring, tempat kurang representatif, tidak memahami urgensi mentoring, kurangnya motivasi dan minat peserta mentoring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Mentoring, Ranah Afektif Siswa, Pelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 09:31
Last Modified: 04 May 2023 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum