METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011

Sri Purwati, NIM.: 07420012 (2011) METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Mengajar bukan sekedar upaya menyampaikan ilmu pengetahuan atau transfer ilmu, tetapi usaha dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan agar tujuan pengajaran dapat tercapai secara optimal. Mengajar dalam hal ini sangat memerlukan metode atau strategi yang sesuai. Untuk itu guru mampu mengembangkan kemampuan profesionalnya untuk program pengajaran dengan strategi belajar mengajar yang kaya dengan variasi dan inovasi.2 Kegiatan belajar mengajar yang melahirkan interaksi unsur-unsur manusiawi adalah sebagai suatu proses dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Guru dengan sadar berusaha mengatur lingkungan belajar agar bergairah bagi anak didik Dari uraian dan analisis hasil penelitian yang telah dipaparkan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Pembelajaran pasti mempunyai tujuan agar pembelajaran tersebut dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Oleh sebab itu MTs Negeri Gondowulung Bantul mempunyai cara supaya pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Oleh sebab itu guru bahasa Arab MTs Negeri Gondowulung Bantul menggunakan beberapa metode yang dipakai dalam mengajar. Metode tersebut yaitu metode langsung, metode membaca, metode pelafalan, dan metode qowaid wa-tarjamah. 2. efektifitas metode pembelajaran mencakup beberapa hal yaitu inputproses- output. Sedangkan hasil dari efektifitas metode pembelajaran yang diterapkan guru bahasa Arab di MTs Negeri Gondowulung Bantul kurang efektif. Dengan catatan bahwa materi yang disampaikan kurang bisa dipahami oleh peserta didik, baik materi kemahiran membaca, menulis, menyimak maupun berbicara. 3. Faktor pendukung pembelajaran adalah, adanya perpustakaan sekolah, guru yang kompeten pada bidangnya, bahasa yang digunakan dalam 102 penyampaian materi mudah dipahami peserta didik, adanya buku paket, ketersediaan waktu, materi, dan les baca iqro’. Sedangkan yang menjadi penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Gondowulung adalah, minimya fasilitas sekolah media pembelajaran, lingkungan sekolah yang kurang mendukung, lingkungan keluarga/masyarakat dalam menunjang pembelajaran bahasa Arab, latar belakang peserta didik terhadap kecintaan mata pelajaran bahasa Arab dan keadaan peserta didik yang belum bisa membaca ataupun menulis Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr, Dudung Hamdun M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Media Pembelajaran, Metode Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 10:00
Last Modified: 04 May 2023 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58293

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum