PERMAINAN SCRABBLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWI KELAS X MA MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Nurul Qamariyah, NIM.: 07420014 (2011) PERMAINAN SCRABBLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWI KELAS X MA MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERMAINAN SCRABBLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWI KELAS X MA MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERMAINAN SCRABBLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWI KELAS X MA MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar bahasa Arab siswi kelas X MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan menggunakan permainan scrabble sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan terhadap 43 siswi. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan teknik persentase. Tingkat minat siswi dinyatakan dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab menggunakan media permainan scrabble dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswi yang meliputi sikap, kemauan, ketertarikan, dorongan, ketekunan, dan perhatian terhadap pembelajaran bahasa Arab. Hal tersebut dapat dilihat pada peningkatan minat. Sebelum tindakan, minat belajar siswi sedang (45,2%) dan setelah tindakan mengalami kenaikan minat belajar menjadi sangat tinggi (86%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa Mu’tasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Permainan Scrabble, Pembelajaran Bahasa Arab, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 10:03
Last Modified: 04 May 2023 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58294

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum