PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( STUDI KASUS TERHADAP MAHASISWA TUNANETRA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011 )

Hendro Sugiono Wibowo, NIM.: 07420015 (2011) PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( STUDI KASUS TERHADAP MAHASISWA TUNANETRA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011 ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( STUDI KASUS TERHADAP MAHASISWA TUNANETRA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011 ))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( STUDI KASUS TERHADAP MAHASISWA TUNANETRA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011 ))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan suatu komponen dari pelaksanaan program pendidikan yang memang harus dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dari proses pembelajaran, agar untuk ke depannya dapat dicapai hasil yang lebih baik lagi. Evaluasi pembelajaran ini diberlakukan bagi semua peserta didik, termasuk di dalamnya peserta didik yang mengalami ketunanetraan. Untuk itu, fasilitas-fasilitas untuk meningkatkan aksesibilitas pemelajaran bagi mereka, terutama kaitannya dengan evaluasi pembelajaran perlu mendapat perhatian yang serius. Penelitian mengenai pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab bagi mahasiswa tunanetra ini bermaksud untuk meninjau kembali seberapa jauh fakultas Tarbiyah dan Keguruan telah melakukan berbagai macam modifikasi untuk kepentingan pembelajran mahasiswa tunanetra, terutama dalam hal pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar di kemudian hari semua komponen yang terlibat di dalamnya dapat meningkatkan kinerjanya dalam meningkatkan kapasitas anak didiknya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis induktif. Setelah dilakukan berbagai pengumpulan data di lapangan, maka penulis menemukan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa tunanetra fakultas Tarbiyah dan Keguruan dilaksanakan dengan cara pendampingan. Pendampingan ini dilakukan dengan cara didampingi secara langsung oleh dosen yang bersangkutan dan/ atau diampingi oleh mahasiswa lain yang tidak tunanetra. Dalam penelitian tersebut peneliti juga menemukan kendala-kendala yang dihadapi oleh mahasiswa tunanetra fakultas Tarbiyah dan Keguruan antara lain sebagai berikut: kesulitan mencari pendamping yang dapat membaca dan menulis Arab, kurangnya minat belajar bahasa Arab mahasiswa tunanetra, adanya persepsi yang berbeda antara tulisan Arab braille dengan Arab biasa, kurangnya media-media pembelajaran bahasa Arab yang dapat diakses oleh mahasiswa tunanetra, dan alokasi waktu ujian yang kurang bagi mahasiswa tunanetra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Kendala Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 10:06
Last Modified: 04 May 2023 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58296

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum