PERUBAHAN KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN DI NUSA TENGGARA BARAT Studi Pasca Kepemimpinan TGKH Zainuddin Abdul Majid

Abdurrazak, NIM.: 20200012018 (2023) PERUBAHAN KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN DI NUSA TENGGARA BARAT Studi Pasca Kepemimpinan TGKH Zainuddin Abdul Majid. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN DI NUSA TENGGARA BARAT Studi Pasca Kepemimpinan TGKH Zainuddin Abdul Majid)
20200012018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN DI NUSA TENGGARA BARAT Studi Pasca Kepemimpinan TGKH Zainuddin Abdul Majid)
20200012018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Organisasi Nahdlatul Wathan di Nusa Tenggara Barat saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal tersebut tidak terlepas dari perubahan kepemimpinan dan sistem pola kepemimpinan yang berada dalam organisasi tersebut. Tesis ini bertujuan mendeskripsikan perubahan kepemimpinan di Nahdlatul Wathan pasca kepemimpinan TGKH Zainuddin Abdul Majid, memahami sistem pola kepemimpinan dalam NW dan NWDI, dan mengetahui penyebab terjadinya perpecahan di tubuh organisasi Nahdlatul Wathan yang melahirkan organisasi NWDI di bawah pimpinan TGB Zainul Majdi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data-data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap kalangan elit organisasi, warga Nahdlatul Wathan dan masyarakat biasa. Adapun hasil penelitian memperlihatkan bahwa dalam organisasi Nahdlatul Wathan telah mengalami Empat generasi kepemimpinan mulai dari berdirinya Nahdlatul Wathan sampai saat ini. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa perubahan kepemimpinan di Nahdlatul Wathan selain dipengaruhi oleh hasil mukhtamar, juga dipengaruhi oleh sistem pola kepemimpinan tradisional yang dimana pemimpin tertinggi di Nahdlatul Wathan selalu diduduki oleh kalangan keluarga pendiri, berbeda halnya dengan pola kepemimpinan NWDI yang memberikan kebebasan terhadap kadernya. Pasca kepemimpinan TGKH Zainuddin Abdul Majid, Nahdlatul Wathan mengalami konflik yang berkepanjangan dan perpecahan. Dari hasil penelitian, faktor yang menyebabkan terjadinya perpecahan di Nahdlatul Wathan adalah pertama, terpilihnya pemimpin perempuan pada hasil mukhtamar ke-X di Praya pada tahun 1998, kedua ketidak dewasaan dalam menyikapi kekalahan, ketiga kubu Pancor membentuk mukhtamar reformasi dan menetapkan TGB Zainul Majdi menjadi PBNW di Pancor.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor S.S., M.A
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan; konflik; Nahdlatul Wathan
Subjects: Masyarakat Islam
Organisasi Masyarakat > Nahdlatul Ulama (NU)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Komunikasi dan Masyarakat Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 May 2023 15:23
Last Modified: 04 May 2023 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum