ANALISIS BUKU TEKS “CARA CEPAT BISA BACA KITAB; METODE 33” KARYA H.M. HABIB A. SYAKUR (KAJIAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)

Supriyadi, NIM.: 07420017 (2011) ANALISIS BUKU TEKS “CARA CEPAT BISA BACA KITAB; METODE 33” KARYA H.M. HABIB A. SYAKUR (KAJIAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU TEKS “CARA CEPAT BISA BACA KITAB; METODE 33” KARYA H.M. HABIB A. SYAKUR (KAJIAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU TEKS “CARA CEPAT BISA BACA KITAB; METODE 33” KARYA H.M. HABIB A. SYAKUR (KAJIAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu media pembelajaran bahasa Arab adalah buku. Fungsi buku sebagai media pembelajaran bahasa Arab adalah bahwa buku menjadi sebuah acuan dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, kualitas buku menjadi sebuah hal yang harus diperhatikan. Keberadaan buku yang berjudul “Cara Cepat Bisa Baca Kitab; Metode 33” adalah untuk membantu para pelajar bahasa Arab guna mempelajari bahasa Arab. Buku tersebut menekankan pada kemahiran membaca. Berbeda dengan bukubuku yang dijadikan media pembelajaran bahasa Arab lain yang menggunakan bahasa Arab, buku tersebut menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya dan urutan bab-babnya berbeda dari buku-buku seperti alfiyah, Imrithi, dan jurūmiyah yang telah populer di kalangan pesantren. Penelitian ini adalah analisis buku “Cara Cepat Bisa Baca Kitab; Metode 33”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku tersebut sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Arab dilihat dari sisi seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan pada buku tersebut dalam perspektif pembelajaran bahasa Arab. Penelitian yang penulis lakukan termasuk dalam jenis penelitian literatur atau bisa juga disebut dengan penelitian kepustakaan (library research). Sementara itu dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian yang penulis lakukan itu menunjukkan bahwa buku tersebut memiliki seleksi yang baik karena dari 666 mufradāt yang diajarkan, hanya 32,58% yang mengalami frekuensi satu kali, gradasi yang baik karena secara pengurutan materinya dimulai dengan kaidah-kaidah yang sering dijumpai dan ditemukan atau paling populer kepada kaidah-kaidah yang jarang muncul dalam teks-teks berbahasa Arab, dan presentasi yang baik karena pada stagging dimulai dengan penjelasan materi, pemberian contoh tentang pembahasan, kemudian pemberian latihan kepada para peserta didik. Akan tetapi buku tersebut menunjukkan repetisi kurang baik, karena 71,32% mufradāt yang ada dalam buku tersebut adalah kelompok mufradāt yang mengalami repetisi 4 ke bawah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Tulus Musthofa, Lc, M.A.
Uncontrolled Keywords: Buku “Cara Cepat Bisa Baca Kitab; Metode 33”, Pembelajaran Bahasa Arab, Penulisan Buku
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 08:36
Last Modified: 05 May 2023 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58312

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum