KONSEP TAKSONOMI PENDIDIKAN BENJAMIN S. BLOOM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Rikhsan Nurhadian Suhandi, NIM.: 07420034 (2011) KONSEP TAKSONOMI PENDIDIKAN BENJAMIN S. BLOOM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP TAKSONOMI PENDIDIKAN BENJAMIN S. BLOOM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP TAKSONOMI PENDIDIKAN BENJAMIN S. BLOOM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana relevansi konsep taksonomi pendidikan terhadap pengembangan pembelajaran bahasa Arab. Berawal dari penelusuran problematika tujuan pendidikan sampai tujuan pengajaran, dimana tujuan pengajaran harus menyentuh beberapa aspek psikologi manusia, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian literer (library reseach) yang bersifat kulitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi dan pendekatan pendidikan bahasa dan Islam. Sedangkan metode yang digunakan yaitu dokumenter dengan mencari, mengumpulkan data dan menganalisis sumber-sumber tertulis yang terdapat dalam buku, jurnal, majalah, website, ebook dan lainnya, terutama dari sumber data primer yaitu (1) “The Taxonomy of Educational Objective, Handbook I : Cognitive Domain,” Karya Benjamin S. Bloom (Ed.), (2) “The Taxonomy of Educational Objective, Handbook II : Affective Domain.” Karya David R. Krathwohl, Benjamin S. Bloom, dan Bertram B. Masia”, dan (3) “A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom`s Taxonomy of Educational Objective. A Bridged Edition”. Karya Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl (Ed.), diterjemahkan Agung Prihantoro dengan judul “Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen,”. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan analisis isi (content analysis), dan menggunakan metode induktif dan deduktif untuk proses analisis datanya. Konsep taksonomi pendidikan yang merupakan konsep klasifikasi tujuan pengajaran berdasarkan tiga ranah psikologi, dengan memaparkan kategori-kategori tingkatan prilaku pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa konsep taksonomi pendidikan memiliki relevansi dan pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan pembelajaran bahasa Arab. Aplikasi konsep taksonomi dapat diterapkan untuk menganalisis tujuan pengajaran kemahiran bahasa sebagai basis dari penguasaan bahasa. Tujuan instruksional yang terkandung dalam konsep taksonomi pendidikan direlevansikan dengan implementasi pembelajaran bahasa arab didasarkan pada penekanan ranah kognitif dan ditambah dengan prilaku ranah afektif serta ranah psikomotorik. Tujuan utama pengajaran bahasa Arab berorientasi untuk membentuk kompetensi komunikasi secara luas, dengan kemahiran bahasa sebagai fondasi penguasaan bahasa. Pengajaran bahasa arab diarahkan untuk menjadikan individu yang kreatif dalam mengembangkan potensi dirinya bagi penguasaan bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Ahmad Janan Asifudin, M.A
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Benjamin S. Bloom, Taksonomi Pendidikan, Pengajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 08:52
Last Modified: 05 May 2023 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum