IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2011-2012

Ulil Albab, NIM.: 07420064 (2011) IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2011-2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2011-2012)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2011-2012)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa arab di SMA Negeri 1 Yogyakarta, dan implementasi e learning dalam proses pembelajaran bahasa arab serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research ) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa arab di kelas XI SMA Negeri 1 Yogyakarta menerapkan sistem terpadu. Sebelum melaksanakan proses pembelajaran guru melakukan perencanaan serta menetapkan tujuan terlebih dahulu. Materi bersumber dari buku Ta`līmul Lugatul `Arabiyyah untuk MA / SMA, Al-‘Arabiyyah Linnāsyi’in jilid 2, Al-‘Arabiyyah binnamāżij jilid 3, Bahasa Arab 2, Modul I-9 , dan Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode eklektik, yakni menggabungkan metode konvensional, metode langsung, dan juga menggunakan e learning. Sedangkan media yang digunakan untuk mengajar adalah laptop/komputer, LCD proyektor, speaker. Pemanfaatan e learning dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri 1 Yogyakarta dibagi menjadi 2, yakni menggunakan komputer dengan dukungan LCD proyektor dan speaker, dan juga menggunakan fasilitas web. E learning dengan menggunakan komputer dapat dilaksanakan di dalam kelas, namun untuk pemanfaatan web baru sekedar penunjang untuk pembelajaran di rumah. Adapun faktor pendukung untuk dilaksanakannya e learning, yakni : 1) tersedianya sarana dan prasarana, 2) guru yang kompeten dalam berbahasa arab, 3) Siswa yang memiliki wacana luas tentang teknologi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: 1) Guru yang masih kurang menguasai teknologi, 2) Materi di web masih sangat kurang, 3) Software / aplikasi masih kurang, 4) Siswa yang masih tergolong awam dalam pelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: E Learning, Materi Pembelajaran, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 09:11
Last Modified: 05 May 2023 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58320

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum