PEMBELAJARAN DENGAN MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN ISTIQOMAH KEPEK WONOSARI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Khaliya, NIM.: 07470006 (2011) PEMBELAJARAN DENGAN MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN ISTIQOMAH KEPEK WONOSARI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN DENGAN MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN ISTIQOMAH KEPEK WONOSARI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN DENGAN MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN ISTIQOMAH KEPEK WONOSARI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan akan berhasil tidak lepas dari proses pembelajaran yang ada. Dalam proses pembelajaran pendidik dituntut untuk mengembangkan kecerdasan yang ada pada peserta didik yaitu kecerdasan majemuk. Akan tetapi dalam proses pembelajaran sering ditemukan para pendidik hanya mengembangkan salah satu kecerdasan saja sehingga menyebabkan kurang optimalnya perkembangan kecerdasan yang dimiliki anak. Pembelajaran dengan mengembangkan kecerdasan majemuk yang dimiliki seorang anak yang meliputi tujuh kecerdasan yaitu kecedasan Linguistik-Verbal, Matematika-Logis, Visual-Spasial, Ritmik-Musik, Kinestetik, Interpersonal, dan Intrapersonal. Salah satu lembaga pendidikan non formal yang mengembangkan kecerdasan majemuk adalah Kelompok Bermain Istiqomah Kepek, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. KB. Istiqomah ini mengakui bahwa setiap anak mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda sehingga dalam proses pembelajaran pendidik mengembangkan kecerdasan yang dimiliki anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan mengembangkan kecerdasan majemuk usia 3-4 tahun di KB. Istiqomah Kepek Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta, dan hasil dari proses pembelajaran dengan mengembangkan kecerdasan majemuk di KB. Istiqomah Kepek Wonosari Gunung kidul Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subyek penelitian adalah guru, kepala sekolah, siswa usia 3-4 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Untuk menganalisis data, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan kecerdasan majemuk yaitu kecerdasan Linguistik-Verbal dengan cara mendongeng, bahasa asing, curah pendapat, dam menulis. Kecerdasan Matematika-Logis dengan cara kalkulus dan kuantifikasi, klasifikasi dan kategorisasi, berfikir ilmiah. Kecerdasan Visual-Spasial dengan cara warna, grafis, dan visualisasi. Kecerdasan Ritmik-Musik dengan cara lagu dan super ingatan musik. Kecerdasan Kinestetik dengan cara isyarat tubuh sebagai alat ekspresi. Kecerdasan Interpersonal dengan cara saling berbagi, simulasi dan permainan papan. Kecerdasan Intrapersonal dengan cara merenung, hubungan pribadi, dan saat penuh perasaan. Hasil dari proses pembelajaran dengan mengembangkan kecerdasan majemuk, yaitu kecerdasan Linguistik-Verbal, Matematika Logis, Visual-Spasial, Ritmik-Musik, Kinestetik, Interpersonal, dan Intrapersonal baik, salah satu kecerdasan yaitu Ritmik-Musik hasilnya sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Kecerdasan Majemuk, Peserta Didik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 09:16
Last Modified: 05 May 2023 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58321

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum