PEMIKIRAN K. H. ABDURRAHMAN WAHID TENTANG DEMOKRASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN

Muntadhiro, NIM.: 07470025 (2011) PEMIKIRAN K. H. ABDURRAHMAN WAHID TENTANG DEMOKRASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN K. H. ABDURRAHMAN WAHID TENTANG DEMOKRASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN K. H. ABDURRAHMAN WAHID TENTANG DEMOKRASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pustaka ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara kritis-konstruktif terhadap pemikiran K. H. Abdurraman Wahid tentang demokrasi dan implikasinya terhadap pendidikan Islam di pesantren. Tema penelitian di atas dipilih karena Abdurrahman Wahid adalah tokoh besar yang memiliki pengetahuan ke-Islaman kosmopolit, yang melampaui batas-batas Islam tradisional yang telah membesarkannya. Seorang tokoh yang sangat berani dalam mengemukakan pendapatnya tanpa ada rasa takut terhadap resiko yang akan dihadapinya. Untuk itu, pemikirannya yang terkait dengan demokrasi layak untuk diteliti dan dikaji secara kritis dan menyeluruh. Guna untuk mengetahui bagaimana pemikiran demokrasi Gus Dur, bagaimana implikasinya terhadap pendidikan Islam, serta implikasi terhadap pendidikan Islam di pesantren. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan mengkaji serta menganalisis karya Abdurrahaman Wahid yang meliputi sumber data primer dan sekunder yang kemudian disimpulkan serta implikasinya terhadap pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Berdasarkan hasil analisis, dapat dirumuskan tema penelitian: (1) Demokrasi dalam pandangan Abdurrahaman Wahid adalah kondisi dimana kebebasan berpendapat benar-benar dijamin dalam Undang-undang, sebab menurutnya kebebasan berpendapat merupakan salah satu esensi demokrasi, perlakuan yang sama tanpa membedakan kelasnya (keadilan), berkumpul dan mengemukakan pikiran. (2) Implikasinya terhadap pendidikan Islam adalah pandangan hidup yang mengutarakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama dalam berlangsungnya proses pembelajaran, serta juga dalam pengelolaan pendidikan. Karena demokrasi pendidikan bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak demokratis melalui aktivitas penanaman pada gererasi baru, pengetahuan dan kesadaran akan kehidupan bermasyarakat, learning process, dan keberhasilan mentransformasikan nilai-nilai demokrasi. (3) Implikasi terhadap pendidikan Islam di pesantren. Pesantren adalah suatu lembaga keagamaan yang mengajarkan, mengembangkan dan menyebarkan ilmu agama Islam yang berada di bawah kepemimpinan kiai, namun seiring dengan perkembangannya, pesantren menunjukkan adanya transformasi kepemimpinan yang semula berada pada kepemimpinan individual menuju kepemimpinan kolektif. Apalagi realitanya di dalam pesantren sudah terdapat madrasah/sekolah. Sistem pendidikannya pun sudah mengadopsi sistem pendidikan nasional Indonesia secara utuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Abd. Rachman Assegaf, M. Ag
Uncontrolled Keywords: K. H. Abdurrahman Wahid, Karya Intelektual, Demokrasi Pendidikan Islam
Subjects: Politik Islam > ISLAM DAN DEMOKRASI
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 09:57
Last Modified: 05 May 2023 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58325

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum