PENERAPAN NILAI AKHLAK DI MADRASAH (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)

Mahmudin, NIM.: 07470027 (2011) PENERAPAN NILAI AKHLAK DI MADRASAH (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN NILAI AKHLAK DI MADRASAH (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN NILAI AKHLAK DI MADRASAH (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai akhlak di madrasah pada MAN Wonokromo Bantul yang sudah mulai menerapkan nilai akhlak sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran Akhlak di madrasah. Hal tersebut sebagai wujud keseriusan MAN Wonokromo Bantul untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitative research) yang mengambil latar pada MAN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konseptual penerapan nilai akhlak di madrasah dapat dijadikan sebagai bahan informasi tentang penerapan Nilai Akhlak di madrasah dan menjadi salah satu khazanah literatur dalam penerapan Nilai Akhlak di madrasah. Dalam studi pada MAN Wonokromo ini menerapkan model penerapan nilai akhlak yang dilakukan baik secara konvensional (metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, karya wisata, keteladanan) maupun inovatif (active learning, PAIKEMI). Dalam pelaksanaannya tujuan dari penerapan nilai ini adalah menumbuhkan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar akhlak sehingga nantinya dapat menumbuhkembangkan akhlak melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akhlak sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT serta Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akhlak Islam. Hasil penerapan nilai akhlak yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan nilai akhlak di madrasah mampu mengembangkan kawasan kognitif dan afektif siswa. Adapun Faktor yang mendukung penerapan nilai akhlak di madrasah adalah: lingkungan pondok pesantren, semangat belajar siswa, dukungan tenaga pengajar, dukungan orang tua. Adapun faktor yang menghambat dari penerapan nilai akhlak di madrasah adalah: kerjasama yang kurang baik, pergaulan bebas, penyalahgunaan teknologi, kondisi keluarga yang kurang harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Muh. Anis, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akhlak, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran
Subjects: Akhlak - Etika
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 10:00
Last Modified: 05 May 2023 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58326

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum