NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BERBASIS BUDAYA JAWA (KAJIAN TERHADAP BUKU GUSTI ORA SARE 65 MUTIARA NILAI KEARIFAN BUDAYA JAWA KARYA PARDI SURATNO DAN HENNIY ASTIYAN

Muhammad Abdul Muhith, NIM.: 07470040 (2011) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BERBASIS BUDAYA JAWA (KAJIAN TERHADAP BUKU GUSTI ORA SARE 65 MUTIARA NILAI KEARIFAN BUDAYA JAWA KARYA PARDI SURATNO DAN HENNIY ASTIYAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BERBASIS BUDAYA JAWA (KAJIAN TERHADAP BUKU GUSTI ORA SARE 65 MUTIARA NILAI KEARIFAN BUDAYA JAWA KARYA PARDI SURATNO DAN HENNIY ASTIYAN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BERBASIS BUDAYA JAWA (KAJIAN TERHADAP BUKU GUSTI ORA SARE 65 MUTIARA NILAI KEARIFAN BUDAYA JAWA KARYA PARDI SURATNO DAN HENNIY ASTIYAN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa isi Buku Gusti Ora Sare 65 Mutiara Nilai Kearifan Budaya Jawa banyak membicarakan tentang pendidikan karakter (Akhlak). Kehidupan, perilaku masyarakat Jawa tidak bisa lepas dari norma akhlak mulia yang mereka junjung tinggi sebagai falasafah hidup, berupa ungkapan Jawa. Permasalahan karakter (akhlak) senantiasa mewarnai setiap kehidupan manusia dari masa kemasa. Upaya penegakan karakter menjadi sangat penting dalam rangka pencapaian keharmonisan hidup. Hal ini dibuktikan oleh tanggapnya pemerintah Indonesia tentang pendidikan karakter yang saat ini sedang menjadi tema hangat. Persoalan karakter tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Karena karakter merupakan salah satu yang mendukung perkembangan suatu bangsa dan juga karakter menjadi salah satu bagian dari tujuan pendidikan nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menemukan nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam buku Gusti Ora Sare 65 Mutiara Nilai Kearifan Budaya Jawa Karya Pardi Suratno dan Henniy Astiyanto; (2) Menarik relevansi nilai pendidikan karakter Islami berbasis budaya Jawa dengan pendidikan nasional. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) dan menggunakan metode content analysis (analisis isi). Adapun langkah-langkah yang digunakan meliputi :(1) Menentukan arti langsung ; (2) Menjelaskan arti-arti yang implisit; (3) Menentukan tema; (4) Memperjelas arti-arti simbolik dalam teks. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) karakter (akhlak) kepada Allah, berupa syukur, tawakal, dan berdoa; (2) karakter terhadap diri pribadi, berupa sabar, rendah hati, perwira, lapang dada dan mawas diri; (3) karakter dalam keluarga, berupa berbuat baik kepada orang tua; (4) karakter dalam bermasyarakat, berupa tolong menolong, tenggang rasa, rukun dan mendamaikan perselisihan; (5) karakter dalam lingkungan berupa cara berinteraksi dengan orang lain. Relevansi pendidikan karakter berbasis budaya Jawa dengan pendidikan nasional tersebut diantaranya dapat membentuk keimanan, kecerdasan, kepribadian yang terampil dan budi pekerti yang baik. Kontribusi keilmuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah memberikan informasi khususnya kepada para pendidik dan umumnya kepada pembaca untuk memberikan pendidikan Islam terhadap anak (peserta didik) serta memperhatikan perkembangan sang anak dalam kesehariannya agar bisa tumbuh menjadi anak yang biak, berguna bagi dirinya sendiri maupun keluarganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Buku Gusti Ora Sare 65 Mutiara Nilai Kearifan Budaya Jawa, Pendidikan Nasional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 10:22
Last Modified: 05 May 2023 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58328

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum