NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL BARZANJI KARYA SYECH JA’FAR AL-BARZANJI DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN

Amin Fauzi, NIM.: 07470065 (2011) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL BARZANJI KARYA SYECH JA’FAR AL-BARZANJI DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL BARZANJI KARYA SYECH JA’FAR AL-BARZANJI DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL BARZANJI KARYA SYECH JA’FAR AL-BARZANJI DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa isi kitab Al Barzanji banyak membicarakan perilaku dan sifat Nabi Muhammad saw secara keseluruhan. Kehidupan, perilaku dan sifat Nabi Muhammad saw tidak bisa lepas dari akhlak mulia yang harus diteladani umat Islam. Permasalahan akhlak senantiasa mewarnai setiap kehidupan manusia dari masa kemasa. Upaya penegakan akhlak menjadi sangat penting dalam rangka pencapaian keharmonisan hidup. Persoalan akhlak tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Karena akhlak merupakan salah satu yang mendukung perkembangan suatu bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menemukan nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam Kitab Al Barzanji karya Syech Ja’far Bin Hasan Bin Abd Al-Karim Bin As-Sayyid Muhammad Bin Abd Ar-Rasul Al- Barzanji; (2) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai akhlak tersebut dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) dan menggunakan metode content analysis (analisis isi). Adapun langkah-langkah yang digunakan meliputi :(1) Menentukan arti langsung ; (2) Menjelaskan arti-arti yang implisit; (3)Menentukan tema; (4) Memperjelas arti-arti simbolik dalam teks. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akhlak kepada Allah, berupa tawakal, syukur, dan takwa; (2) akhlak kepada Rasulullah saw, berupa beriman akan adanya Rasulullah, mencintai dan memuliakan Rasulullah saw dan mengucapkan shalawat dan salam kepada Rasulullah; (3) akhlak terhadap diri pribadi, berupa sabar, bekerja keras, pemaaf, berinisiatif dan percaya diri; (4) akhlak dalam keluarga, berupa memberi nama anak yang bagus dan memberikan pendidikan yang bagus; (5) akhlak dalam bermasyarakat, berupa musyawarah, tolong menolong, menyebarkan salam, toleransi dan bersilaturahmi. Implementasi akhlak tersebut pada proses pembelajaran diantaranya dapat membentuk keimanan, kecerdasan, kepribadian yang terampil dan budi pekerti yang baik sebagaimana tertuang dalam tujuan pendidikan nasional. Kontribusi keilmuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah memberikan informasi khususnya kepada para dan umumnya kepada pembaca untuk memberikan pendidikan agama Islam terhadap anak serta memperhatikan perkembangan sang anak dalam kesehariannya agar bisa tumbuh menjadi anak yang biak, berguna bagi dirinya sendiri maupun keluarganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Kitab Al Barzanji, Pembelajaran
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 10:36
Last Modified: 05 May 2023 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58332

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum