PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI TK MASYITHOH MUNTUK MULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL

Hajar Dieismiyati, NIM.: 07470069 (2011) PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI TK MASYITHOH MUNTUK MULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI TK MASYITHOH MUNTUK MULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI TK MASYITHOH MUNTUK MULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pengaplikasian kecerdasan PAI pada anak usia dini, didalamnya termasuk pembelajaran PAI dan penerapannya lebih menarik bila disajikan dalam bentuk metode bernyanyi. Penelitian ini didasari oleh pentingnya penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan daya ingat siswa terhadap pembelajaran PAI. Sebab anak-anak pada umumnya lebih menyukai proses pembelajaran yang berlangsung secara menyenangkan. Dalam hubungan ini, metode bernyanyi menjadi salah satu cara yang dianggap sebagai metode yang sesuai untuk diterapkan untuk anak didik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pemahaman dan hafalan surat-surat pendek. Meski demikian ada kendala-kendala yang dihadapi berkaitan dengan penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan daya ingat siswa terhadap pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang TK Masyithoh Dusun Muntuk, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan pada saat pembelajaran, dokumentasi dan wawancara dengan guru, kepala sekolah, anak didik dan orang tua. Sedangkan untuk analisis data penullis menggunakan tehnik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan daya ingat siswa terhadap pembelajaran PAI, diantaranya: a). memperdengarkan lagu-lagu islami saat kegiatan pembelajaran. b). mengintegrasikan lagu-lagu dengan tema. c). membiasakan metode bernyanyi. Adapun langkah-langkah yang diterapkan dalam usaha meningkatkan daya ingat siswa terhadap pembelajaran PAI melalui metode bernyanyi sebagai berikut: a). percakapan sesuai tema yang ada. b). mengaitkan percakapan sesuai dengan tema agama islam. c). mendengarkan salah satu nyanyian dari awal hingga akhir. d). membacakan kata demi kata kalimat yang ada dalam lagu tersebut. e). memperdengarkan kembali dan murid menirukan sedikit demi sedikit lagu ang disampaikan. Namun ada beberapa kelemahan dalam penerapan metode bernyanyi diantaranya : a) Anak tidak bisa dibiasakan untuk menyanyikan lagu-lagu Islami saat berada dilinkungan keluarga. b) Guru kurang menguasai bacaan not tanpa bantuan alat musik. C) Anak terkadang bosan bila nyanyian di ulang-ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Pembelajaran PAI, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 10:40
Last Modified: 05 May 2023 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58333

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum