MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011

Sarmadi, NIM.: 07480001 (2011) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V MIN YOGYAKARTA I TAHUN 2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran, motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V MIN Yogyakarta I dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Me Taggart pada tahun 1988. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, metode angket, metode tes atau lembar evaluasi. Data-data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan prestasi belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket motivasi dan lembar soal pre-test dan post-test untuk data peningkatan prestasi siswa. Analisis data untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk data prestasi siswa diperoleh dari effect size yaitu selisih antara rerata post-test siklus I dan post-test pra tindakan atau selisih antara post-test siklus II dan post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V MIN Yogyakarta I dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rerata motivasi siswa sebesar 40,62 dengan kategori sedang dari 60 nilai rerata ideal. Setelah dilakukan tindakan, pada siklus I reratanya meningkat menjadi 58.16 dengan kategori baik dan pada siklus II reratanya meningkat lagi menjadi 59,41 juga dengan dengan kategori baik. Persentase peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan ke siklus I sebesar 43,18% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,14%. Pada siklus I dan siklus II semua siswa yang berjumlah 24 siswa memiliki kategori baik. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan nilai rerata prestasi belajar siswa sebesar 56,25. Setelah dilakukan tindakan, pada siklus I reratanya meningkat menjadi 75,41 dan pada siklus II reratanya meningkat lagi menjadi 90,41. Persentase peningkatan prestasi belajar siswa dari sebelum tindakan ke siklus I sebesar 34,06% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,89%. Pada siklus I dari 24 siswa ada 20 siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas, sedangkan pada siklus II semua telah tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, tindakan yang dilakukan berupa penerapan strategi pembelajaran model Cooperative Learning Tipe STAD dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada siswa di kelas V MIN Yogyakarta I dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Motivasi belajar, Prestasi belajar, Pkn, Cooperaitif Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 10:42
Last Modified: 05 May 2023 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58334

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum