KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL

Teguh Wiyono, NIM.: 07480004 (2011) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana Kepala Madrasah MIN Wonosari dalam menerapkan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM), faktor pendukung dan penghambat penerapan MBM di MIN Wonosari serta hasil yang telah dicapai berkenaan dengan penerapan MBM di MIN Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Seting penelitian dilakukan di MIN Wonosari. Adapun subyek penelitian adalah Kepala Madrasah MIN Wonosari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan Manajemen Berbasis Madrasah di MIN Wonosari, yang meliputi: pertama: Manajemen Kurikulum dan Program Pengajaran, kedua: Manajemen Tenaga Kependidikan, ketiga: Manajemen Kesiswaan, keempat: Manajemen Keuangan dan Pembiayaan, kelima: Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, keenam: Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat, ketujuh: Manajemen Layanan Khusus, selanjutnya dikembangkan dengan menambah dua komponen, yaitu Perumusan Visi Misi serta Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Manajemen Berbasis Madrasah di MIN Wonosari ada beberapa macam, baik yang berasal dari internal madrasah maupun dari eksternal. (3) Hasil yang telah dicapai berkenaan dengan penerapan Manajemen Berbasis Madrasah di MIN Wonosari sangat efektif dan dapat meningkatkan kinerja di semua bidang, terbukti dengan prestasi baik yang diraih oleh lembaga yakni MIN Wonosari maupun yang diraih oleh Kepala Madrasah sangat memuaskan, juga dari hasil wawancara serta angket yang dilakukan dengan Kepala Madrasah, Guru dan Komite Madrasah menunjukkan jawaban yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Zainal Abidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Madrasah, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Manajemen Kurikulum, Program Pengajaran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan Dalam Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 10:47
Last Modified: 05 May 2023 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58335

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum