PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011

Nasrulloh, NIM.: 07480016 (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kelompok dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model teams-games-tournament (TGT) dalam proses pembelajaran IPA di kelas III B MIN Yogyakarta II. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa kurangnya kerjasama antara satu siswa dengan siswa lainnya hingga membuat suasana kelas tidak kooperatif dalam proses pembelajaran, tidak digunakannya kerjasama kelompok yang menyebabkan guru bekerja keras dalam menjelaskan beberapa materi yang siswa kurang faham dan tentunya memakan waktu cukup lama. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa masih kurang, meningkatkan keaktifan siswa dalam kelompok dalam mata pelajaran IPA di kelas III B MIN Yogyakarta II yang mana keaktifan siswa dalam kelompok akan berdampak pada prestasi siswa. Proses pembelajaran ini menggunakan pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe teams-games-tournament (TGT). Dengan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif model TGT ini diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kelompok. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III B MIN Yogyakarta II semester II tahun ajaran 2010/2011. Data-data yang dikumpulkan berupa data keaktifan siswa dalam kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi pada lembar observasi, dan wawancara. Analisis data untuk keaktifan siswa dalam kelompok menggunakan analisis kualitatif deskriptif yang didasari data kuantitatif setelah menghitung setiap indikator keaktifan siswa dalam kelompok dan mengambil rata-ratanya. Hasil analisis keaktifan siswa dalam kelompok terjadi peningkatan pada 10 indikator keaktifan siswa dalam kelompok yaitu; siswa yang memperhatikan penjelasan guru dengan baik meningkat dari 80% meningkat menjadi 92.5%, siswa memperhatikan pendapat teman sekelompok/lain kelompok meningkat dari 75% menjadi 87.5%, siswa yang menghargai teman-teman kelompok/lain kelompok dari 77.5% meningkat menjadi 85%, siswa yang sportif/tidak curang dari 90% menjadi 97.5%, siswa yang ikut berpartisipasi dalam kelompok dari 77.5% meningkat menjadi 90%, siswa yang mendiskusikan materi yang diberikan guru dari 72.5 meningkat menjadi 87.5%. siswa yang membantu temannya yang belum paham dari 67.5% meningkat menjadi 80%, siswa yang mendengarkan penjelasaan guru/temannya dari 77.5% meningkat menjadi 95%, siswa yang bertanya kepada teman bila mengalami kesulitan dari angka 72.5% meningkat menjadi 82.5%, dan siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru dari 75% meningkat menjadi 85%. dan rerata (tingkat keberhasilan) antara siklus I dengan siklus II yaitu dari 76.5% menjadi 88.25%. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kooperatif model teams-games tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kelompok pada pembelarajan IPA siswa kelas III B MIN Yogyakarta II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Strategi Pembelajaran, Strategi TGT
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 10:57
Last Modified: 05 May 2023 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58337

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum