UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV MIN YOGYAKARTA II DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Suyoto, NIM.: 07480021 (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV MIN YOGYAKARTA II DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV MIN YOGYAKARTA II DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV MIN YOGYAKARTA II DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam siswa kelas IV MIN Yogyakarta II dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Penerapan pendekatan CTL diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN Yogyakarta II pada tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan para siswa kelas IV MIN Yogyakarta II terhadap pembelajaran IPA dengan pendekatan CTL. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan di kelas IV MIN Yogyakarta II pada pembelajaran IPA. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya berisi dua kali pembelajaran (pertemuan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang berupa: peneliti, lembar RPP, buku paket IPA, handout, LKS, lembar soal pre test, lembar soal post test, lembar observasi kegiatan pembelajaran, lembar angket tanggapan siswa, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN Yogyakarta II dapat diketahui berdasarkan rerata nilai post test pada siklus I ditambah siklus II ditambah siklus III dibandingkan dengan rerata nilai ulangan harian sebelum siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA di kelas IV MIN Yogyakarta II tahun pelajaran 2010/2011 dengan materi sumber daya alam. Penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA juga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN Yogyakarta II tahun pelajaran 2010/2011 pada materi sumber daya alam dengan effect size sebesar 2,11. Penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA memperoleh tanggapan yang positif dari mayoritas siswa kelas IV MIN Yogyakarta II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), Hasil Belajar IPA, Materi Sumber Daya Alam
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 10:59
Last Modified: 05 May 2023 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum