UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II B MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2010/2011

Nur Wakhidah, NIM.: 07480029 (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II B MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II B MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II B MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan aktivitas belajar siswa disebabkan guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat konvensional dimana siswa lebih sering pasif dan mendengarkan penjelasan guru ketimbang berperan aktif dalam pembelajaran, siswa masih bersifat individual belum ada kerja sama, siswa masih suka mengganggu temannya dan mengejek temannya yang belum bisa atau mendapat nilai jelek. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana pembelajaran matematika sebelum penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) pada pembelajaran matematika di kelas II B MIN Tempel. 2) Bagaimana penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) pada pembelajaran matematika kelas II B MIN Tempel. 3) seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) pada pembelajaran matematika kelas II B MIN Tempel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: motivasi dan aktivitas belajar siswa yang diambil dari hasil observasi, hasil pengisian angket oleh siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan harian , dan dokumentasi. Indikator dalam penelitian ini adalah: 1) adanya peningkatan motivasi dan aktivitas belajar siswa mencapai 65% dari jumlah siswa kelas II B MIN Tempel. Hasil penelitian menunjukkan: pembelajaran menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa. Dari hasil observasi pada kegiatan pra tindakan melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) motivasi belajar siswa sebesar 58,33% (Sedang), persentase rata-rata siklus I dan siklus II 68,75% (Tinggi). Sedangkan hasil observasi untuk aktivitas belajar siswa pada kegiatan pra tindakan sebesar 56,94% (Sedang), persentase rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 67,59% (Tinggi). Jadi ada peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 10,42% dan peningkatan aktivitas sebesar 10,65%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Team Game Tournament (TGT), Pembelajaran Matematika, Motivasi Belajar
Subjects: Matematika
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 11:06
Last Modified: 05 May 2023 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum