UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BIJI PINANG (Areca catechu L.) TERHADAP BAKTERI Streptococcus mutans DARI GIGI PEROKOK DAN BUKAN PEROKOK

Meta Karina Wibianto, NIM.: 16640044 (2022) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BIJI PINANG (Areca catechu L.) TERHADAP BAKTERI Streptococcus mutans DARI GIGI PEROKOK DAN BUKAN PEROKOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BIJI PINANG (Areca catechu L.) TERHADAP BAKTERI Streptococcus mutans DARI GIGI PEROKOK DAN BUKAN PEROKOK)
16640044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BIJI PINANG (Areca catechu L.) TERHADAP BAKTERI Streptococcus mutans DARI GIGI PEROKOK DAN BUKAN PEROKOK)
16640044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Karies gigi disebabkan oleh beberapa bakteri salah satunya adalah Streptococcus mutans. S. mutans hidup dalam suasana asam. Suasana asam pada mulut meningkat dikarenakan beberapa hal diantaranya mengonsumsi makanan dan merokok. Kebiasaan merokok dapat mengakibatkan terganggunya fungsi protektif saliva dalam melawan karies gigi. Saliva perokok memiliki kemampuan lebih rendah dalam menetralkan asam dibanding dengan saliva bukan perokok sehingga meningkatkan resiko karies gigi. Untuk mencegah karies gigi dapat menggunakan bahan alami yang bersifat antibakteri, seperti biji pinang karena mengandung senyawa metabolit sekunder seperti alkaloid, flavonoid, tanin, dan saponin yang dapat menjadi antibakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas antibakteri ekstrak biji pinang terhadap pertumbuhan bakteri S. mutans yang diisolasi dari sampel swab perokok dan bukan perokok. Penelitian ini menggunakan variasi konsentrasi ekstrak biji pinang 10%, 20% dan 30%. Metode ekstraksi yang digunakan dalam penelitian ini adalah maserasi dengan pelarut etanol. Pengujian aktivitas antibakteri menggunakan metode sumuran. Hasil yang didapatkan, ekstrak biji pinang (Areca catechu L.) memiliki efek antibakteri terhadap S. mutans. Jumlah koloni bakteri pada perokok lebih sedikit dibanding pada bukan perokok, dan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa konsentrasi 10% ekstrak biji pinang merupakan konsentrasi dengan aktivitas antibakteri paling efektif dalam menghambat pertumbuhan isolat bakteri dari sampel bukan perokok sedangkan pada sampel bukan perokok belum menunjukkan terhambat pertumbuhannya meskipun sudah diuji sampai konsentrasi 30%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Arifah Khusnuryani, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: antibakteri; biji pinang; karies gigi; streptococcus mutans
Subjects: Biologi
Tanaman
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 May 2023 14:50
Last Modified: 05 May 2023 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58353

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum