ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA SMA NEGERI 2 KEBUMEN

Dedi Wahyudi, NIM.: 08410153 (2011) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA SMA NEGERI 2 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA SMA NEGERI 2 KEBUMEN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA SMA NEGERI 2 KEBUMEN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran merupakan komponen pembelajaran yang saling terkait. Proses belajar mengajar berorientasi kepada tujuan pembelajaran. Dengan diadakannya evaluasi dengan syarat memperhatikan tujuan pembelajaran dan materi pelajaran maka kita akan mengetahui apakah tujuan pembelajaran tercapai atau tidak. Kegiatan evaluasi memiliki manfaat yang besar dalam dunia pendidikan, begitu juga dalam kegiatan pembelajaran sebab melalui evaluasi dapat diketahui hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan dari hasil tersebut dapat ditentukan tindak lanjut yang akan dilakukan. Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa.2 Tes merupakan alat yang digunakan sebagai sarana untuk menentukan nilai. Tes biasanya berfungsi untuk mengukur dan menilai hasil belajar siswa, khususnya hasil belajar kognitif yang berhubungan dengan penguasaan materi pembelajaran yang sesuai. Dilihat dari hasil analisis pencapaian kompetensi yang terdapat pada tabel hasil analisis pencapaian kompetensi, dapat diketahui bahwa soal Ulangan Akhir Semester mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X yang diujikan di SMA Negeri 2 Kebumen Tahun Ajaran 2010-2011 telah mampu mengukur semua kompetensi yang harus dicapai siswa pada semester genap. Hal ini juga dapat diketahui dari kisi-kisi pembuatan soalnya, soal tersebut telah sesuai dengan kisi-kisi pembuatan soalnya dan dapat mengukur semua standar kompetensi dan kompetensi dasar yang diharapkan tercapai pada semester tersebut. Kualitas soal Ulangan Akhir Semester mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X yang diujikan di SMA Negeri 2 Kebumen Tahun Ajaran 2010-2011 tergolong kurang baik karena yang dapat dimasukan ke bank soal hanya berjumlah 5 butir yaitu nomor: 29, 41, 42, 43, dan 46. Hal ini dapat terjadi karena minimnya pengetahuan tentang cara penyusunan soal sesuai kaidah-kaidah penyusunan soal yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran, Butir Soal, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 16:04
Last Modified: 05 May 2023 16:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58358

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum