PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PROBLEMATIKANYA DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 2 KOTA YOGYAKARTA

Wasno, NIM.: 08410229 - E (2011) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PROBLEMATIKANYA DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 2 KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PROBLEMATIKANYA DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 2 KOTA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PROBLEMATIKANYA DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 2 KOTA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy

Abstract

(PAI) meliputi pembelajaran dan pendidikan. Pendidikan di dalam kelas ataupun di luar kelas bergantung pada banyak faktor seperti guru, waktu, sarana belajar, materi pembelajara, dana dan sebagainya. Pada kenyataanya, tidak setiap guru mampu menjadi teladan bagi siswa-siswa, masih kurangnya buku penunjang di perpustakaan dan sarana ibadah sholat, dan penggunaan waktu belajar yang kurang efektif. Berbagai faktor yang mempengaruhi pembelajaran tersebut menjadikan proses pembelajaran berlangsung secara dinamis dengan problem yang harus dipecahkan bersama oleh pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan proses belajar mengajar mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangkajen 2 Yogyakarta, 2) mengidentifikasi problem yang dihadapi dalam pelaksanaan proses belajar mengajar mata pelajaran PAI dan cara penyelesaiannya, dan 3) mengetahui hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI di SD Muhammadiyah Karangkajen 2 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru agama Islam sebanyak 8 orang, dan guru lain yang mengajar kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan praktik ibadah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada subyek penelitian. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan langkah-langkah analisis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dinamika proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Karangkajen 2 dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan demonstrasi. Pembelajaran dilakukan di dalam kelas untuk teori dan membaca Al Quran, serta di luar kelas untuk praktek dan pembiasaan ibadah sholat. Beberapa masalah dalam pelaksanaan proses belajar mengajar Agama Islam meliputi masalah pada faktor siswa, guru, sarana prasarana, suasana belajar, lingkungan dan orang tua siswa. Pemecahan masalah pembelajaran dilakukan oleh para guru dan kepala sekolah. Hasil belajar pada mata pelajaran PAI sudah cukup baik dengan rata-rata di atas kriteria ketuntasan minimal, tetapi masih ada sebagian kecil siswa yang pencapaianya minimal yaitu sama dengan standar ketuntasan minimal yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Problematika Pendidikan, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 16:07
Last Modified: 05 May 2023 16:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58359

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum