PENGGUNAAN MEDIA PETA PADA TOPIK PETA LINGKUNGAN SETEMPAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Edi Sulistya Hermawan, NIM.: 08480029-E (2011) PENGGUNAAN MEDIA PETA PADA TOPIK PETA LINGKUNGAN SETEMPAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA PETA PADA TOPIK PETA LINGKUNGAN SETEMPAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA PETA PADA TOPIK PETA LINGKUNGAN SETEMPAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila siswa mendapatkan nilai baik sebelum atau setelah diadakan evaluasi/tes hasil belajar di awal atau diakhir pembelajaran. Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya yang berkaitan dengan membaca peta lingkungan setempat, hasil evaluasi yang diperoleh siswa kurang memuaskan. Kenyataan tersebut bisa jadi merupakan salah satu penyebab adanya sebagian siswa yang masih mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM = 65), khususnya siswa kelas IV MIN Patuk Gunungkidul dalam mata pelajaran IPS. Hal ini dikarenakan pada saat penyampaian materi lebih banyak bercerita dibanding menggunakan media peta, hal ini dikarenakan terbatasnya media pembelajaran yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS di kelas IV MIN Patuk Gunungkidul dengan menggunakan media peta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan berupa proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan atau observasi, dan (4) Refleksi. Subyek Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Alasan peneliti memilih kelas IV, karena siswa kelas IV sudah mampu berinteraksi dengan baik. Alasan lain yaitu disamping peneliti membutuhkan data dari hasil penelitian, peneliti juga ingin memberikan penguatan terhadap siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum siklus I nilai rata-rata 59,2. Setelah tindakan pembelajaran siklus I perolehan nilai rata-rata 63,9 dan pada tindakan pembelajaran siklus II menunjukkan siswa meningkat menjadi tinggi dengan perolehan nilai rata-rata 80. Penggunaan media peta ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari data hasil observasi menunjukkan kemampuan siswa meningkat. Kemampuan guru juga mengalami peningkatan, karena sudah mampu mengelola pembelajaran dengan baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan daerah Gunungkidul yang terpencil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Media Pembelajaran, Peta
Subjects: Ilmu Sosial
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 16:10
Last Modified: 05 May 2023 16:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58360

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum