UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN GAMBAR SERI DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH JUMOYO

Riastuti Martikaningsih, NIM.: 08480043-E (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN GAMBAR SERI DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH JUMOYO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN GAMBAR SERI DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH JUMOYO)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN GAMBAR SERI DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH JUMOYO)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pelajaran mengarang dirasakan sebagai beban dan kurang menarik, yang menyebabkan nilai mengarang kurang memuaskan. Adanya kesulitan dalam menemukan ide pokok dan mengembangkan menjadi kalimat serta kesulitan dalam penggunaan tanda baca, huruf kapital dan pilihan kata yang tepat. Karangan siswa pada umumnya belum menggambarkan gagasan, perasaan serta pemikiran yang utuh. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menulis karangan Bahasa Indonesia serta untuk mengetahui tingkat keberhasilan jauh penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Muhammadiyah Jumoyo dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru kelas III sebagai pelaku tindakan atau yang melakukan tindakan, dan peneliti sebagai observer. Penelitian dilakukan di kelas III MI Muhammadiyah Jumoyo, Salam, Magelang dengan objek adalah proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Desain penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (Action), pengamatan (observing), refleksi (reflecting) dan terbagi dalam tiga siklus. Adapun teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran menulis karangan Bahasa Indonesia di kelas III MI Muhammadiyah Jumoyo pada tahap awal menunjukkan kemampuan yang masih rendah, namun dengan bantuan media gambar kemampuan siswa dalam menulis karangan Bahasa Indonesia sudah mulai menunjukkan peningkatan meskipun masih dalam kategori rendah yaitu hanya 63,7%. Efektivitas peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan bahasa Indonesia kelas III dilakukan melalui tindakan kelas dengan menggunakan media gambar pada siklus I dan gambar berseri pada siklus II dan III. Tindakan kelas tersebut cukup berhasil karena siswa kelas III menjadi senang dan dapat menulis karangan bahasa Indonesia dengan baik serta mampu mengungkapkan ide sesuai dengan tema yang diangkat serta penggunaan tanda baca, huruf kapital serta pilihan kata yang baik dan benar. Hal ini berarti media gambar berseri dapat membantu siswa dalam menuangkan ide atau gagasan dalam menulis karangan bahasa Indonesia dan berhasil membawa siswa senang dan tidak bermalas-malasan dalam mengikuti pelajaran mengarang. Terdapat kendala dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan Bahasa Indonesia kelas III MI Muhammadiyah Jumoyo dengan menggunakan gambar berseri terutama adanya ketergantungan siswa dengan alat bantu gambar berseri dalam membuat atau menulis karangan Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Johariyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis, Bahasa Indonesia, Gambar Berseri
Subjects: BAHASA > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 16:16
Last Modified: 05 May 2023 16:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58362

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum