PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTORIK ANAK USIA DINI (STUDY TERHADAP PEMBELAJARAN MATERI IBADAH SALAT KELAS NOL BESAR DI TK KARNA DUTA TANGKIL BANTUL YOGYAKARTA)

AMAMUL AMANAH - NIM. 07410092 , (2011) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTORIK ANAK USIA DINI (STUDY TERHADAP PEMBELAJARAN MATERI IBADAH SALAT KELAS NOL BESAR DI TK KARNA DUTA TANGKIL BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTORIK ANAK USIA DINI (STUDY TERHADAP PEMBELAJARAN MATERI IBADAH SALAT KELAS NOL BESAR DI TK KARNA DUTA TANGKIL BANTUL YOGYAKARTA))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTORIK ANAK USIA DINI (STUDY TERHADAP PEMBELAJARAN MATERI IBADAH SALAT KELAS NOL BESAR DI TK KARNA DUTA TANGKIL BANTUL YOGYAKARTA))
BAB II,III,.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya anak-anak usia dini yang duduk di bangku TK memiliki potensi yang sangat bagus dalam ranah psiko motoriknya dalam segala hal pembelajaran terutama mata pelajaran yang dapat dipraktikkan langsung. Namun kenyataannya guru masih sering menyampaikan pelajaran menggunakan metode yang menguras ranah kognitif anak, dan akhirnya kegiatan pembelajaran menjadi kurang kondusif. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam peningkatan motorik anak TK Karna Duta kelas nol besar dalam pembelajaran materi ibadah salat, dan apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan motorik anak TK kelas nol besar Tangkil, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan suatu metode yaitu metode demonstrasi dalam pembelajaran materi ibadah salat sehingga nantinya dapat dilihat bagaimana proses penerapan metode demonstrasi dan hasil peningkatan motorik anak usia dini di TK Karna Duta Tangkil Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang akan melakukan penelitian secara kolaboratif dan partisipasif antara peneliti dan dewan guru TK Karna Duta, dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas nol besar TK Karna Duta Yogyakarta yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, melakukan tindakan siklus, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dari penerapan tindakan pada siklus I dan siklus ke II. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Proses penerapan metode demonstrasi yaitu dengan mempraktikkan gerakan-gerakan salat, gerakan wudhu, dengan cara guru memberi penjelasan tentang materi ibadah salat kemudian memberikan contoh gerakan salat dan wudhu. Setelah itu anak-anak dapat mempraktikkan gerakan salat dan wudhu menirukan contoh yang diberikan guru dan dibantu dengan melihat media gambar. (2) Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran ibadah salat untuk anak TK khususnya siswa TK Karna Duta dengan menggunakan metode demonstrasi kegiatan pembelajaran akan tercipta suasana yang aktif dan menyenangkan, sehingga tujuan pembelajaran akan tersampaikan dengan baik dan yang terpenting adalah anak-anak dapat memahami materi yang disampaikan dengan cara demonstrasi dan mempraktikkan langsung gerakan salat sesuai dengan pemahaman dan pengetahuan yang mereka dapat. Dengan demikian secara perlahan motorik anak akan terus meningkat dengan adanya rangsangan praktik gerakan salat yang mereka lakukan. Dengan adanya penggabungan metode demonstarasi dengan metode bermain sambil belajar ditambah dengan metode pembelajaran lainnya maka peningkatan motorik anak dalam pembelajaran materi ibadah salat dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Demontrasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 21 Mar 2013 16:27
Last Modified: 21 Mar 2013 16:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5837

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum