PERILAKU SOSIAL RUSA TIMOR (Cervus timorensis De Blainville, 1822) DEWASA DAN ANAKAN DI PENANGKARAN TAHURA BUNDER YOGYAKARTA

Lala Latifah, NIM.: 18106040014 (2023) PERILAKU SOSIAL RUSA TIMOR (Cervus timorensis De Blainville, 1822) DEWASA DAN ANAKAN DI PENANGKARAN TAHURA BUNDER YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERILAKU SOSIAL RUSA TIMOR (Cervus timorensis De Blainville, 1822) DEWASA DAN ANAKAN DI PENANGKARAN TAHURA BUNDER YOGYAKARTA)
18106040014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PERILAKU SOSIAL RUSA TIMOR (Cervus timorensis De Blainville, 1822) DEWASA DAN ANAKAN DI PENANGKARAN TAHURA BUNDER YOGYAKARTA)
18106040014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rusa timor atau Cervus timorensis merupakan salah satu dari empat rusa endemik di Indonesia, banyaknya perburuan liar yang menjurus pada eksploitasi dan berkurangnya habitat di alam bebas menyebabkan rusa timor mengalami penurunan populasi. Upaya menyelamatkan rusa timor dari kepunahan dapat dilakukan dengan usaha konservasi, salah satunya dengan cara konservasi ex-situ di penangkaran. Peralihan tempat hidup bebas di alam ke dalam suasana penangakaran dengan ruang gerak yang terbatas memerlukan pendekatan yang tepat agar dapat disesuaikan dengan ritme hidupnya sehingga dapat optimal dalam pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam perbedaan perilaku sosial Rusa timor dewasa dan anakan, berapa frekuensi relative dan durasi dari masing-masing perilaku sosial yang teramati. Metode yang digunakan yaitu focal animal sampling dengan waktu pengamatan 60 menit dengan interval waktu 15 menit. Perilaku sosial yang teramati di Tahura Bunder adalah aggressive, submissive, mothering, allogrooming, reproduktif, vokalisasi, menyusu, eksplorasi sosial dan bermain bersama. Perilaku sosial dominan yang teramati pada jantan dewasa adalah aggressive (64,1%) dengan rata-rata durasi 3,13 menit dan reproduksi (21,8%) dengan durasi rata-rata yaitu 3,14 menit. Pada rusa betina dewasa perilaku yang sering teramati yaitu vokalisasi (37,9%) yang rata-rata berdurasi 3,84 menit, selanjutnya submissive (22,7) dengan durasi perilaku rata-rata yaitu 1,03. Pada rusa anakan perilaku sosial yang dominan yaitu eksplorasi sosial (33,3%) yang berdurasi rata-rata 1,82 dan menit, selanjutnya perilaku ketakutan (32,2%) yang hanya berdurasi beberapa detik saja. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa Rusa jantan dewasa, betina dewasa dan anakan memiliki perbedaan perilaku sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Najda Rifqiyati, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: cervus timorensis; sartwa; perilaku sosial; focal animal sampling
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 May 2023 14:43
Last Modified: 08 May 2023 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum