PERSEPSI MAHASISWA DIFABEL TERHADAP KEDIFABELAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Dede Mulyana, NIM.: 04541553 (2011) PERSEPSI MAHASISWA DIFABEL TERHADAP KEDIFABELAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MAHASISWA DIFABEL TERHADAP KEDIFABELAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MAHASISWA DIFABEL TERHADAP KEDIFABELAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fokus penelitian ini adalah pandangan mahasiswa difabel netra tentang kedifabelan serta pengaruhnya terhadap interaksi sosial mahasiswa difabel netra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kedifabelan yang merupakan simbol yang melekat pada diri kaum difabel menjadikan mereka sebagai kaum yang berbeda. Dengan pandangan kaum difabel tentang keadaan yang ada pada dirinya, maka proses interaksi sosial akan terpengaruh oleh pandangan mereka tentang peran yang akan diambil mereka dalam lingkungan atau dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan datanya melalui tiga cara: pertama, observasi kaum difabel. Kaum difabel adalah mahasiswa difabel. selain itu, observasi kondisi lingkungan untuk melihat hubungan sosial mahasiswa difabel dengan lingkungan baik lingkungan kampus, di PSLD, dan organisasi mahasiswa. Kedua, wawancara kepada mahasiswa difabel tentang pandangan mereka mengenai perbedaan atau keterbatasan yang ada pada diri mereka dan interaksi sosial mahasiswa difabel. Ketiga, mencari dokumentasi, baik berbentuk tulisan, gambar, dan karya monumental yang berkaitan dengan mahasiswa difabel. Setelah data dikumpulkan, maka data tersebut dianalisis dengan mengikuti asumsi Herbert Blumer yang meliputi manusia bertindak terhadap orang lain berdasarkan makna yang diberikan orang lain kepada mereka, makna diciptakan dalam interaksi antar manusia, makna dimodifikasi melaluli sebuah proses interpretatife, individu mengembangkan konsep diri melalui interaksi dengan orang lain, konsep diri memberikan sebuah motif penting untuk berperilaku, orang dan kelompok-kelompok dipengaruhi oleh proses budaya dan sosial, struktur sosial dihasilkan melalui interaksi sosial. Maka, ditemukan hasil analisis bahwa symbol atau makna mengenai kedifabelan (kecacatan) didapat dari hasil interaksi. Walupun makna difabel dihasilkan dari struktur sosial dan cenderung negatif akan tetapi mahasiswa difabel UIN Sunan Kalijaga tidak merasa dendam tapi sebaliknya mereka ingin memberikan kontribusi pada masyarakat, sikap mahasiswa difabel tersebut tidak terlepas dari cara pandang mahasiswa difabel terhadap keadaan yang ada pada diri mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Damami M.Ag
Uncontrolled Keywords: Difabel, Interaksi Sosial, Mahasiswa
Subjects: DISABILITAS
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 May 2023 09:01
Last Modified: 09 May 2023 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum