TRADISI RASULAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER MASYARAKAT (STUDI KASUS DI DESA BANARAN, PLAYEN, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA)

Mia Marlina, NIM.: 04541647 (2011) TRADISI RASULAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER MASYARAKAT (STUDI KASUS DI DESA BANARAN, PLAYEN, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI RASULAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER MASYARAKAT (STUDI KASUS DI DESA BANARAN, PLAYEN, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TRADISI RASULAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER MASYARAKAT (STUDI KASUS DI DESA BANARAN, PLAYEN, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis nilai Upacara Tradisi Rasulan sebagai Pendidikan Karakter. Selain itu Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah prosesi pelaksanaan tradisi Rasulan Desa Banaran dan bagaimanakah nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tradisi tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai media Informasi bagi siapa saja yang ingin mengali dan mendalami nilai-nilai luhur Tradisi budaya Jawa, khususnya dalam upacara Tradisi Rasulan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis datanya menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang berusaha untuk membuat diskripsi fenomena yang diseliki dengan melukiskan dan mengklarifikasi fakta atau karakteristik tersebut secara faktual dan cermat untuk memberikan gambaran yang jelas atau akurat tentang fenomena yang diselidiki. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan, tradisi Rasulan di Desa Banran mempunyai pengaruh terhadap kehidupan masyarakat antara lain: a.nilai-nilai Luhur dalam kehidupan masyarakat yaitu: 1) nilai Gotong-royong, 2) nilai Musyawarah, 3) nilai Shodaqoh, 4) Kerja Bakti, 5) Harmoni Alam, 6) Persaudaraan. b. Sebagai Pendidikan Karakter, karena dalam tradisi Rasulan tersebut terdapat nilai pendidikan karakter antara lain saling menghormati, bekerja sama, berbagi sehingga Rasulan adalah sebagai alat pemersatu antara warga satu dengan yang lainya, agar mereka dapat saling hidup dengan guyub rukun, tentram, damai, sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Munawar Ahmad, S.S, M.Si
Uncontrolled Keywords: Rasulan, Tradisi, Pendidikan Karakter
Subjects: Islam dan Tradisi
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 May 2023 09:03
Last Modified: 09 May 2023 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58393

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum