IDENTITAS BUDAYA ISLAM DI TENGAH BUDAYA HINDU BALI (STUDI KASUS TENTANG MASYARAKAT MUSLIM MELAYU DI LOLOAN TIMUR, KABUPATEN JEMBRANA)

Uswatun Chasanah, NIM.: 06520014 (2011) IDENTITAS BUDAYA ISLAM DI TENGAH BUDAYA HINDU BALI (STUDI KASUS TENTANG MASYARAKAT MUSLIM MELAYU DI LOLOAN TIMUR, KABUPATEN JEMBRANA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTITAS BUDAYA ISLAM DI TENGAH BUDAYA HINDU BALI (STUDI KASUS TENTANG MASYARAKAT MUSLIM MELAYU DI LOLOAN TIMUR, KABUPATEN JEMBRANA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDENTITAS BUDAYA ISLAM DI TENGAH BUDAYA HINDU BALI (STUDI KASUS TENTANG MASYARAKAT MUSLIM MELAYU DI LOLOAN TIMUR, KABUPATEN JEMBRANA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar keingintahuan tentang masyarakat Loloan Timur yang dijuluki komunitas Muslim Loloan yang menjadi bagian dari masyarakat Bali tetapi memiliki agama dan budaya yang berbeda dari mayoritas yaitu agama Islam dan budaya Melayu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana bentuk budaya masyarakat muslim Jembrana dalam mempertahankan Identitas budaya Islam tanpa terjadinya konflik antar agama?”, penelitian ini diharapkan dapat memberi konstribusi bagi perkembangan ilmu pada umumnya, mengenai identitas budaya muslim Loloan yang ada di Kabupaten Jembrana, Bali. Penelitian ini bersifat Kualitatif dengan metode pengambilan data melalui interview, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori yang relevan dengan masalah yakni Teori Identitas Budaya yang Dikemukakan oleh Weeks dalam Barker dan Teori Identitas Sosial yang dipopulerkan oleh Tajfel & Turner. Setelah melakukan pengambilan dan mensistematisir data, penulis melakukan analisis berdasarkan teori yang penulis kemukakan, dari analisis ini penulis bisa merumuskan kesimpulan bahwa Pertama, Loloan Timur sebagai sebuah kampung Melayu memiliki perjalanan sejarah yang cukup berwarna. Karakter orang Melayu sebagai etnik pelaut membawanya ke sebuah daerah yang kini dinamakan Loloan. Kampung Loloan Timur sebagai kampung Melayu ternyata memiliki banyak keunikan dilihat dari seni arsitektur, adat istiadat, dan bahasa yang digunakan. Namun, di antara keunikan yang ada di Loloan Timur, bahasa yang digunakan merupakan bukti yang paling menggambarkan adanya hubungan yang harmonis dan toloransi antara masyarakat Melayu Loloan terhadap masyarakat asli Bali di Kabupaten Jembrana. Kedua, budaya hybrid sebagai perpaduan konsep Islam dan Bali juga sangat terlihat dari tradisi komunitas muslim Melayu Loloan Timur, salah satunya dari tradisi mereka kenal dengan „male’. Male’ adalah sebuah upacara untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang pada saat itu juga diadakan upacara pencukuran rambut bayi yang ada di Loloan Timur. Pada prinsipnya upacara ini memang untuk memperingati maulud nabi akan tetapi dalam pelaksanaannya hampir sama dengan upacara arak-arakan sebelum Nyepi dalam agama Hindu yang menggunakan „pajegan’. Ketiga, ruang ekonomi adalah ruang yang efektif bagi komunitas Muslim Melayu Loloan Timur untuk memunculkan bargaining dalam kehidupan masyarakat Hindu di Kabupaten Jembrana. Pada ruang inilah interaksi dan kerjasama berlangsung, baik di ruang ekonomi, seperti pasar, ataupun ruang ekonomi yang lebih besar dalam perputaran roda ekonomi di Jembrana. Ruang ini pulalah yang membuat komunitas Muslim Loloan Timur mudah mendapatkan posisi cukup kuat, baik sebagai bagian dari masyarakat Bali maupun sebagai etnik pendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Rifai Abduh, M.A
Uncontrolled Keywords: Identitas Budaya, Muslim Melayu, Masyarakat Hindu dan Konflik Antar Agama
Subjects: Islam dan Budaya
Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 May 2023 10:48
Last Modified: 09 May 2023 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum