KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO DALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN

Mohammad Ismail, NIM.: 06530035 (2011) KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO DALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO DALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP AL-‘ADL(KEADILAN) DALAM AL-QUR’AN STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN M. DAWAM RAHARDJO DALAM BUKU WAWASAN AL-QUR’AN DAN INSEKLOPEDI AL-QUR’AN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Al-adl dalam bahasa arab adalah merupakan bentuk masdar dari kata kerja ‘adala – ya‘dilu – ‘adlan – wa ‘udûlan – wa ‘adâlatan ( – عَدَلَ – يَعْدِلُ – عَدْلاً – وَعُدُوْلاً وَعَداَلَةً ) . Kata kerja ini berakar pada huruf-huruf ‘ain ( عَيْن ), dâl ( دَال ), dan lâm ( ,(لاَم yang makna pokoknya adalah ‘al-istiwâ’’ ( اَلْاِسْتِوَاء = keadaan lurus) dan ‘al-i‘wijâj’ اَلْاِعْوِجَاج) = keadaan menyimpang). Jadi rangkaian huruf-huruf tersebut mengandung makna yang ber-tolak belakang, yakni ‘lurus’ atau ‘sama’ dan ‘bengkok’ atau ‘berbeda’. Dari makna pertama, kata ‘adl berarti ‘menetapkan hukum dengan benar’.. Jadi, seorang yang ‘adl adalah berjalan lurus dan sikapnya selalu menggunakan ukuran yang sama, bukan ukuran ganda. ‘Persamaan’ itulah yang merupakan makna asal kata ‘adl, yang menjadikan pelakunya “tidak berpihak” kepada salah seorang yang berselisih, dan pada dasarnya pula seorang yang ‘adl “berpihak kepada yang benar” karena baik yang benar maupun yang salah sama-sama harus mem peroleh haknya. Dengan demikian, ia melakukan sesuatu yang patut dan tidak sewenangwenang. Indonesia biarpun dikatakan masih menjadi negara berkembang,namun dalam konteks sosial masyarakat saat ini dapat dikatakan perhatian masyarakat terhadap halhal yang bersifal ilmiah atau sains lebih digemari oleh masyarakat, dari pada hal-hal yang berdimensi religi. Sehingga nilai-nilai keilahian yang bersifat transendental mengalami kemunduran, karena tidak dibarengi dengan nilai-nilai spiritual.. Kajian tentang al-adl adalah merupakan satu langkah pemahaman terhadap masyarakat modern saat ini, dimana nilai-nilai keadilan harus ditegakkan. sehingga dengan tercapainya keadilan pada suatu tatanan masyarakat, dapat tercapainya kesejahteraan dan kemakmuran pada masyarakat itu sendiri. Quraish Shihab dan Dawam Rahardjo adalah merupakan tokoh mufasir kontemporer yang cukup banyak mengkaji tematema sosial modern khususnya tentang al-adl ( keadillan). Keduanya sama-sama menuangkan karya tafsirnya terkait dengan hal tersebut, akan tetapi keduanya melakukan pendekatan yang berbeda dalam menafsirkan al-adl. Disinilah pentingnya penulis melakukan penelitian tentang penafsiran al-adl menurut Quraish Shihab dan Dawam Rahardjo dalam buku Wawasan Al-Qur’an dan Ensiklopdi Al-Qur’an. Adapun data sekunder penulis ambil dari berbagai artikel, buku, ataupun naskah yang terkait dengan al-adl. Setelah penulis melakukan penelitian, peneliti menemukan sejumlah ayat yang ditafsirkan berikut kontribusi atau relevansi yang dapat diambil dari penafsiran ke-dua tokoh tersebut, diantaranya : Q.S Al-Infithar (82):7 , mereka menafsirkan aladl pada ayat tersebut adalah sesuatu yang seimbang, kemudian Q.S Al-Maidah (5): 8, pada ayat ini kedua tokoh menafsirkan al-adl adalah sesuatu yang dekat dengan ketakwaan. Kontribusi atau relevansi dari penafsiran kedua tokoh tersebut paling tidak yaitu memberikan pemahaman nilai-nilai keadilan lebih mendalam,khususnya pada kondisi sosial saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Adip Sofia SS,M,Hum
Uncontrolled Keywords: Penafsiran M.Quraish Shihab, Penafsiran M. Dawam Rahardjo, Al-Ad
Subjects: Tafsir Al-Qur'an > Tafsir Al Qur'an - Metode
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 May 2023 11:17
Last Modified: 09 May 2023 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58420

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum