ANALISIS POTENSI LIKUEFAKSI BERDASARKAN METODE GLOBAL GEOSPATIAL LIQUEFACTION MODEL DI BAGIAN SELATAN KABUPATEN BANTUL

Aelfian Leona Nurprasetya, NIM.: 18106020041 (2023) ANALISIS POTENSI LIKUEFAKSI BERDASARKAN METODE GLOBAL GEOSPATIAL LIQUEFACTION MODEL DI BAGIAN SELATAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS POTENSI LIKUEFAKSI BERDASARKAN METODE GLOBAL GEOSPATIAL LIQUEFACTION MODEL DI BAGIAN SELATAN KABUPATEN BANTUL)
18106020041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS POTENSI LIKUEFAKSI BERDASARKAN METODE GLOBAL GEOSPATIAL LIQUEFACTION MODEL DI BAGIAN SELATAN KABUPATEN BANTUL)
18106020041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Likuefaksi merupakan bencana sekunder yang terjadi akibat gempa bumi. Likuefaksi pernah terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pasca gempa bumi 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi likuefaksi berdasarkan metode Global Geospatial Liquefaction Model (GGLM) dibagian Selatan Kabupaten Bantul bagian selatan meliputi enam Kecamatan yaitu Srandakan, Sanden, Pandak, Bambanglipuro, Kretek, dan Pundong. Metode GGLM memodelkan potensi terjadinya likuefaksi berdasarkan parameter kecepatan glombang geser pada kedalaman 30 m (Vs30), percepatan getaran tanah maksimum pada permukaan (PGA Permukaan), dan indek kebasahan tanah (CTI). Berdasarkan hasil analisis GGLM menunjukkan lima zona likuefaksi di Selatan Kabupaten Bantul. Zona hampir tidak pasti likuefaksi dengan jangkauan nilai probabilitas 0 s.d 0,15 yang likuefaksi mendominasi di Kecamatan Srandakan, sisi barat Kecamatan Sanden, Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Babanglipuro, sisi timur Kelurahan Caturharjo Kecamatan Pandak dan sekitar Dusun Ngroco Kelurahan Seloharjo Kecamatan Pundong. Zona tidak mungkin terjadi likuefaksi dengan nilai jangkauan probabilitas 0,15 s.d 0,35 yang berada pada di sisi barat Kecamatan Pandak Kelurahan Caturharjo, Kecamatan Bambanglipuro Kelurahan Sidomulyo dan Mulyodadi, Kecamatan Kretek, Kecamatan Sanden dan Kecamatan Pundong Kelurahan. Zona mungkin terjadi dengan nilai jangkauan probabilitas 0,35 s.d 0,65 berada di sisi timur Kecamatan Bambanglipuro Kelurahan Mulyodadi, Kecamatan Kretek Kelurahan Donotirto sekitar Dusun Gadingdaton, Kecamatan Srandakan Kelurahan Poncosari sekitar Dusun Babakan dan Kecamatan Pundong Kelurahan Pajangrejo sekitar Dusun Nglarong. Zona sangat mungkin terjadi likuefaksi dengan nilai jangkauan probabilitas 0,65 s.d 0,85 yang berada daerah sekitar pantai Parangkusumo Kelurahan Parangtritis dan Kecamatan Bambanglipuro Kelurahan Mulyodadi Dusun Balen Paker. Zona hampir pasti terjadi likuefaksi dengan nilai jangkauan probabilitas 0,85 s.d 1 berada pada pantai Parangkusumo Kecamatan Kretek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Thaqibul Fikri Niyartama, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: mikrotemor; likuefaksi; GGLM; Vs30; PGA Permukaan; CTI
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 May 2023 11:47
Last Modified: 09 May 2023 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum