PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (Studi di TPST Piyungan Desa Situmulyo, Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul DIY )

Fathur Rahman, NIM.: 16370076 (2023) PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (Studi di TPST Piyungan Desa Situmulyo, Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul DIY ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (Studi di TPST Piyungan Desa Situmulyo, Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul DIY ))
16370076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (Studi di TPST Piyungan Desa Situmulyo, Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul DIY ))
16370076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan lingkungan semakin hari semakin meningkat. Pada dasarnya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup menjadi suatu kewajiban mutlak bagi pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat, hadirnya Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah bertujuan agar masyarakat sadar terhadap pengelolaan sampah terutama dalam hal pengurangan sampah dimulai dari sumbernya, sehingga dapat terciptanya kesehatan bagi masyarakat dan lingkungan yang berkualitas. Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan menjadi tempat pembuangan sampah dari tiga wilayah yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan dan untuk mengetahui pandangan teori maṣlaḥah dalam pelaksanaan pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan berdasarkan Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah. Dalam melaksanakan tujuan tersebut, penelitian ini dikaji dengan teori hukum lingkungan dan teori maṣlaḥah. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan yuridis-empiris, dengan spesifikasi penelitian deskriptif-analisis. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, kemudian data yang didapat dibahas dengan menggunakan metode analisis data penalaran induksi. Dari permasalahan di atas, penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa keberadaan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan karena sampah yang datang hanya dilakukan Penumpukan tampa adanya penanganan dan pengolahan lebih lanjut, hal ini menimbulkan beban pencemaran dari pembusukan sampah di lokasi tersebut terhadap tanah, air dan udara melampaui daya tampung lingkungan. Pencemaran lingkungan ini juga ikut memberikan dampak pula pada warga masyarakat sekitar Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:Dr. D.rs M Rizal Qosim, M.Si.
Uncontrolled Keywords: maslahah; TPST; waste processing; environmental pollution
Subjects: Lingkungan
Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 May 2023 14:28
Last Modified: 09 May 2023 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum