RESEPSI ESTETIK MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP AL-QUR'AN (STUDI TENTANG PENGGUNAAN RINGTONE AYAT-AYAT AL-QUR’AN DI KALANGAN MAHASISWA YOGYAKARTA)

Aswak, NIM.: 07530049 (2011) RESEPSI ESTETIK MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP AL-QUR'AN (STUDI TENTANG PENGGUNAAN RINGTONE AYAT-AYAT AL-QUR’AN DI KALANGAN MAHASISWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESEPSI ESTETIK MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP AL-QUR'AN (STUDI TENTANG PENGGUNAAN RINGTONE AYAT-AYAT AL-QUR’AN DI KALANGAN MAHASISWA YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI ESTETIK MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP AL-QUR'AN (STUDI TENTANG PENGGUNAAN RINGTONE AYAT-AYAT AL-QUR’AN DI KALANGAN MAHASISWA YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam praktiknya, ayat-ayat al-Qur`an di mata kaum Muslimin merupakan sesuatu yang “multi-fungsi”. Di samping sebagai bacaan yang mempunyai nilai ibadah, ayat-ayat Al-Qur’an juga sebagai teks yang berpengaruh bagi aspek-aspek yang terkait dengan estetika. Ayat-ayat Al-Qur’an mampu mengundang reaksi serta membangkitkan energi kejiwaan pembaca dan pendengar untuk memberikan respon yang sangat beragam. Termasuk di sini adalah penggunaan ringtone ayatayat Al-Qur’an yang marak diperaktikkan masyarakat akhir-akhir ini. Meskipun menuai banyak kontroversi, penggunaan ringtone ayat-ayat Al-Qur’an masih tetap saja marak dipraktekkan oleh sejumlah masyarakat Muslim. Fenomena ini menjadi kian menarik karena menjadi upaya bagaimana masyarakat Muslim bergaul dengan kitabnya. Berangkat dari fakta di atas, maka pokok penelitian skripsi ini difokuskan pada kajian living Qur’an untuk menjawab pertanyaan yang diajukan dalam rumusan masalah sebagai berikut : pertama, Apa latar belakang resepsi mahasiswa Muslim Yogyakarta terhadap penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai ringtone? Ayat-ayat apa saja yang banyak digunakan sebagai ringtone? Serta apa penyebab resepsi estetis sering menimbulkan kontroversi dalam kehidupan masyarakat? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan pendekatan fenomenologis dan metode penelitian kualitatif yang didukung dengan studi kepustakaan. Adapun metode pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan studi kepustakaan dengan analisis isi digunakan untuk mendapatkan data-data kepustakaan tentang tema tersebut. Hasil penelitian dari kajian ini adalah: Pertama, Latar belakang Penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai ringtone dengan alasan yang variatif, yaitu sebagai berikut. (1) Mempermudah menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. (2) Memberikan kesan religius. (3) Memiliki pengalaman pribadi terkait ayat yang digunakan sebagai ringtone. (4) Menyukai jenis irama bacaan (5)Terdapat kesamaan atau kemiripan kata pada ayat dengan nama seseorang. (6) Merasa senang menggunakannya. Kedua, adapun ayat-ayat yang digunakan para mahasiswa sebagai ringtone pada umumnya adalah ayat-ayat yang pendek dan memiliki kesan tersendiri bagi pendengar atau pengguna, ataupun menyesuaikan pada maksud dan tujuannya sehingga dipilih sebagai ringtone. Ketiga, Penulis menyimpulkan bahwa penyebab timbulnya kontroversi ditengah-tengah masyarakat terkait resepsi estetis masyarakat terhadap Al-Qur’an dikarenakan sampai sekarang kita belum memiliki konsep yang mapan dan applicable dalam bidang ini, baik secara filosofis (estetika atau filsafat seni Islam, yang merumuskan batasan nilai keindahan sesuai ajaran Islam), teoritis (sejarah, struktur dan klasifikasi: apakah ada seni Islam ataukah hanya ada seni Muslim), praktis (kajian tentang teknik-teknik perbidang) maupun apresiatif (kritik seni yang mengkaji perkembangan seni Islam dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat Muslim).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Muhammad Mansur, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Ringtone, Aplikasi Handphone, Ayat-Ayat Al Qur'an
Subjects: al Qur'an > Kumpulan Ayat
Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 May 2023 08:50
Last Modified: 10 May 2023 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58444

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum