PROBLEM KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS 8 DI SMP SULTAN AGUNG KAWUNGANTEN KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP

Dhinhar Alek Syafrizal, NIM.: 08540030 (2011) PROBLEM KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS 8 DI SMP SULTAN AGUNG KAWUNGANTEN KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEM KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS 8 DI SMP SULTAN AGUNG KAWUNGANTEN KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEM KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS 8 DI SMP SULTAN AGUNG KAWUNGANTEN KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang selalu membimbing siswanya dalam mencapai tujuan pendidikan. Akan tetapi dalam prosesnya mengalami berbagai kendala yang senantiasa menghalanginya. Pelanggaran moral dan peraturan yang dibuat oleh sekolahan untuk siswanya merupakan sebuah problem. Adapun problem yang diteliti oleh penulis dalam skripsi ini adalah problem kenakalan remaja siswa kelas 8 di SMP Sultan Agung Kawunganten Cilacap. Dalam penelitian ini, penulis membuat dua rumusan masalah penelitian. Pertama, masalah mengapa kenakalan remaja siswa kelas 8 terjadi di SMP Sultan Agung Kawunganten Cilacap. Kedua, masalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kenakalan remaja siswa kelas 8 di SMP Sultan Agung Kawunganten Cilacap. Selanjutnya rumusan masalah ini dibahas dan dianalisis dengan teori sosiogenis yang bersumber dari Kartini Kartono, kenakalan remaja yang disebabkan karena muncul dari dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa kenakalan remaja dan faktor penyebab kenakalan remaja yang terjadi di SMP Sultan Agung Kawunganten Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu suatu penelitian yang prosedur penelitiannya menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data observasi, interview dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, ditemukan fakta bahwa kenakalan remaja di SMP Sultan Agung Kawunganten Cilacap merupakan suatu tindakan yang di sebabkan oleh faktor sosial. Dimana kenakalan remaja siswa kelas 8 muncul karena dari dalam diri sendiri dan rasa ingin tahu yang besar. Oleh karena itu, kenakalan semacam itu bisa dikatakan sebagai Penyebab sosiologis yang memiliki pengertian bahwa kenakalan remaja adalah sebuah fenomena atau tindakan yang timbul karena dari dalam diri sendiri. Adapun faktor-faktornya di bagi menjadi 3, yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan sosial atau sekitar, faktor sekolah dan kurangnya pendidikan agama yang dianggap sebalah mata atau tidak penting, hal tersebut bisa mempengaruhi tingkat kecenderungan kenakalan siswa semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Nur Anna, S. Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Remaja, Lembaga Pendiidkan, Siswa
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 May 2023 09:37
Last Modified: 10 May 2023 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum