PELAKSANAAN SIDANG KELILING BAGI MASYARAKAT DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA BANGKALAN MADURA 2020-2021)

Uswatun Hasanah, NIM.: 19103050088 (2023) PELAKSANAAN SIDANG KELILING BAGI MASYARAKAT DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA BANGKALAN MADURA 2020-2021). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN SIDANG KELILING BAGI MASYARAKAT DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA BANGKALAN MADURA 2020-2021))
19103050088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN SIDANG KELILING BAGI MASYARAKAT DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA BANGKALAN MADURA 2020-2021))
19103050088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan PERMA Nomor 1 Tahun 2014 pelaksanaan sidang keliling adalah sidang yang dilaksanakan secara bertahap oleh Pengadilan di suatu tempat tetapi di luar gedung Pengadilan dalam bentuk sidang keliling. Sidang ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan perlindungan hukum kepada masyarakat di bidang perkawinan. Dilakukannya sidang keliling di masa pandemi dikarenakan banyaknya permintaan dari masyarakat melalui Kepala Desa KUA atau organisasi (IBNU dan PEKKA), yang meminta kepada Pengadilan Agama untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam menyelesaikan perkara dibidang perkawinan, selain itu pelaksanaan sidang keliling di masa pandemi ini juga didukung dengan adanya anggaran DIPA yang diberikan oleh pemerintahan. selama pandemi pelaksanaan sidang keliling dan perkara yang masuk lebih banyak dibandingkan sebelum pandemi. Hal ini bertolak belakang dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2021 untuk tidak melakukan kerumunan, bepergian dengan melakukan pekerjaan dari rumah atau dari kantor. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun sifat penelitian menggunakan deskriptif-analitik pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosio normatif dan menggunakan dua jenis sumber data yaitu: sumber data primer berupa hasil wawancara, adapun sumber data sekunder berupa catatan seperti sumber data dari arsip, dokumen pribadi, dan dokumen resmi, buku, jurnal, skripsi dan literatur lainnya. dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan Hakim, Panitera dan Staf administrasi Pengadilan Agama Bangkalan Madura serta dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis yuridis dengan memahami keseluruhan pokok masalah yang diteliti dengan peraturan pemerintahan terkait sidang keliling di masa pandemi dalam teori maqosyid syari’ah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan sidang keliling di masa pandemi dikarenakan banyaknya permintaan masyarakat kepada Pengadilan untuk melakukan sidang keliling, selain itu pelaksanaan sidang ini dilakukan dikarenakan adanya dana dari DIPA. Pelaksanaan sidang di masa pandemi mengikuti protokol kesehatan, untuk mencegah kerumunan Pengadilan Agama membatasi perkara yang masuk dengan ketentuan perkara yang dapat disidangkan hanyalah perkara permohonan isbath nikah, pelaksanaan ini sudah sejalan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4,3 Dan 2 Corona Virus Disease 2019 Di Wilayah Bali Dan Jawa sehingga sidang yang dilakukan berjalan dengan baik. Hal ini sesuai dengan tujuan maqosyid syari’ah yaitu mendatangkan kemaslahatan dan menjauhi kemudharatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Bustanul Ariefin Rusydi, M.H.
Uncontrolled Keywords: circular congregation; pandemic; maqosyid syari'ah; PA Bangkalan year 2020-2021
Subjects: Hukum Keluarga
Covid-19
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 May 2023 13:42
Last Modified: 10 May 2023 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum