PERSEPSI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) TERHADAP PROGRAM PENYALURAN ZAKAT OLEH BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA YOGYAKARTA)

Ida matussilmi, NIM.: 18103080028 (2023) PERSEPSI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) TERHADAP PROGRAM PENYALURAN ZAKAT OLEH BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) TERHADAP PROGRAM PENYALURAN ZAKAT OLEH BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA YOGYAKARTA))
18103080028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) TERHADAP PROGRAM PENYALURAN ZAKAT OLEH BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA YOGYAKARTA))
18103080028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Surat Keputusan Ketua Baznas Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Unit Pengumpul Zakat Badan Amil Zakat Nasional dituliskan di dalamnya bahwasanya dana yang terkumpul di suatu UPZ akan didistribusikan sebesar 70% di lingkungan UPZ tersebut. Dalam hal ini 70% bukan jumlah yang sedikit untuk Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta yang menjadi donatur zakat terbanyak di BAZNAS Kota Yogyakarta. Penelitian ini berusaha menjawab rumusan masalah: Bagaimana persepsi ASN Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta terhadap program penyaluran zakat oleh baznas kota Yogyakarta? dan bagaimana fungsi zakat menurut ASN Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teori yang digunakan adalah teori persepsi dan teori fungsi zakat. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persepsi ASN terhadap program penyaluran zakat di lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta menunjukkan persepsi baik dan tepat sasaran. Hal ini dikarenakan ASN mengamati dan melihat langsung penyaluran zakat yang ada di kantor tersebut. Penyaluran zakatnya sudah baik dan sesuai dengan hukum Islam, yaitu disalurkan kepada delapan golongan yang ada dalam Al-Qur'an surah At-Taubah ayat 60. Pegawai non PNS adalah golongan yang mendapatkan efek penyaluran zakat di lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Golongan ini dapat dikategorikan sebagai golongan miskin dalam Al-Qur'an surah At-Taubah ayat 60 karena miskin adalah golongan yang mempunyai pekerjaan akan tetapi tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Fungsi zakat menurut ASN Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dapat dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu untuk menyucikan harta, menunaikan kewajiban, dan untuk kemaslahatan umat. Fungsi zakat bukan hanya untuk mustahik akan tetapi zakat juga memiliki banyak fungsi untuk muzakki. Zakat memiliki nilai ibadah bagi muzakki dan menjadi sumber finansial untuk umat Islam. Fungsi zakat menyucikan harta dan menunaikan kewajiban adalah fungsi untuk muzakki. Sedangkan fungsi untuk kemaslahatan umat adalah fungsi untuk mustahik dan masyarakat pada umumnya. Dalam Al-Qur'an surah Az-Zariyat ayat 19 juga dijelaskan bahwasanya harta yang diberikan Allah bukan milik orang kaya akan tetapi terdapat hak orang miskin di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Saifuddin S.HI., M.SI.
Uncontrolled Keywords: zakat; distribution of zakat; perception
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 May 2023 09:29
Last Modified: 11 May 2023 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum