PENGGUNAAN METODE OMNIBUS DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH SEBAGAI UPAYA PENATAAN LEGISLASI DI INDONESIA

Laila Andayani, NIM.: 19103070018 (2023) PENGGUNAAN METODE OMNIBUS DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH SEBAGAI UPAYA PENATAAN LEGISLASI DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE OMNIBUS DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH SEBAGAI UPAYA PENATAAN LEGISLASI DI INDONESIA)
19103070018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE OMNIBUS DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH SEBAGAI UPAYA PENATAAN LEGISLASI DI INDONESIA)
19103070018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan menjadi dasar hukum penggunaan metode omnibus dalam penyusunan peraturan perundang-undangan termasuk peraturan daerah. Seiring terungkapnya banyak peraturan daerah-peraturan daerah yang bermasalah seperti pembatalan peraturan daerah yang dicabut atau direvisi oleh Menteri Dalam Negeri maka penggunaan metode omnibus ini dapat dipertimbangkan untuk mengatasi permasalahan regulasi di tingkat daerah. Oleh karena itu, timbulan rumusan permasalahan: Bagaimana urgensitas penggunaan metode omnibus dalam upaya perampingan regulasi daerah? Bagaimana tinjauan siyasah syar’iyyah terhadap penggunaan metode omnibus dalam penyusunan rancangan peraturan daerah? Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif yang menggunakan bahan pustaka berbasis sumber data sekunder dengan pendekatan undang-undang (statue approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach) guna memperoleh pemahaman mendalam terkait gagasan penggunaan metode omnibus dalam penyusunan rancangan peraturan daerah. Semua data terkait regulasi di daerah dianalisis secara kualitatif. Analisis akan memasukan konsep peraturan perundang-undangan dan perspektif siyasah syar’iyyah sebagai dasar teoritik dalam penelitian ini. Hasil kajian berdasarkan analisis menyimpulkan bahwa penggunaan metode omnibus dapat menjadi gagasan yang layak dipertimbangkan dalam rangka mengatasi jumlah peraturan daerah bermasalah yang semakin banyak dengan meningkatkan meaningful participation dalam proses legislasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Proborini Hastuti, M.H.
Uncontrolled Keywords: omnibus; local regulations; siyasah syar'iyyah
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 May 2023 10:44
Last Modified: 11 May 2023 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58489

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum