PRAKTIK JASA PENUKARAN UANG KOIN DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA (PERSPEKTIF FIKIH DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM)

Arrasyidinsyah, NIM.: 19103080002 (2023) PRAKTIK JASA PENUKARAN UANG KOIN DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA (PERSPEKTIF FIKIH DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK JASA PENUKARAN UANG KOIN DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA (PERSPEKTIF FIKIH DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM))
19103080002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK JASA PENUKARAN UANG KOIN DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA (PERSPEKTIF FIKIH DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM))
19103080002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pasar Beringharjo Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang terletak di Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Wilayah pasar ini dijadikan tempat transaksi ekonomi oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya, salah satunya adalah menyediakan jasa penukaran uang koin. Praktik tersebut sudah menjadi kebiasaan masyarakat di pasar Beringharjo Yogyakarta dan seolah-olah sudah menjadi bisnis bagi mereka setiap harinya. Jenis uang yang dipertukarkan adalah jenis uang koin kuno, yang mana uang koin tersebut dijual ataupun ditukar dengan nilai yang tidak sama. Padahal dalam Islam sendiri ketika menukarkan barang harus sama nilainya. Maka pada penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan pokok yang diperinci dalam dua pertanyaan. Pertama, bagaimana praktik jasa penukaran uang koin di pasar Beringharjo Yogyakarta dan kedua, bagaimana pandangan fikih dan sosiologi hukum Islam tentang praktik jasa penukaran uang koin di pasar beringharjo Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan normatif empiris. Kerangka teori yang dipilih adalah teori jual beli dalam Islam, ‘urf dan teori sosiologi hukum Islam. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode deduktif. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menyebabkan penjual dan pembeli melakukan praktik tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu faktor ekonomi, banyak para penjual melakukan jual beli uang koin dikarenakan ingin mempertahankan dan meningkatkan tarap hidupnya dengan jalan mencari keuntungan dari hasil jual beli tersebut. kemudian faktor hobi, dipengaruhi kegemaran dalam mengkoleksi uang antik. Kemudian bagi pembeli selain faktor hobi juga karena faktor keperluan, seperti untuk dijadikan mahar pernikahan dan lain-lain. Dalam pandangan fikih dan sosiologi hukum Islam, praktik penukaran uang koin tersebut termasuk al-‘urf al-shahih karena uang koin yang diperjualbelikan adalah benda qimi yaitu benda yang hanya dapat ditukarkan dengan harga uang koin kuno. Dan penukaran uang koin di pasar Beringharjo Yogyakarta juga tidak bertentangan dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: penukaran uang; fikih; sosiologi hukum
Subjects: Ekonomi Syariah
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 May 2023 14:43
Last Modified: 11 May 2023 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum