ADVOKAT APSI-DPW DIY DALAM MEMBELA PEMOHON PADA PERKARA PERCERAIAN PENGADILAN AGAMA (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN GENDER)

Pambuka Agung Nugroho, NIM.: 19203010027 (2023) ADVOKAT APSI-DPW DIY DALAM MEMBELA PEMOHON PADA PERKARA PERCERAIAN PENGADILAN AGAMA (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN GENDER). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADVOKAT APSI-DPW DIY DALAM MEMBELA PEMOHON PADA PERKARA PERCERAIAN PENGADILAN AGAMA (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN GENDER))
19203010027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ADVOKAT APSI-DPW DIY DALAM MEMBELA PEMOHON PADA PERKARA PERCERAIAN PENGADILAN AGAMA (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN GENDER))
19203010027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian berangkat dari APSI DPW DIY dalam memberikan pembelaan kepada pemohon dalam perkara perceraian selalu mendasarkan pada hukum Islam dan berpihak pada kesetaraan gender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelaan advokat APSI-DPW DIY dalam membela pemohon pada perkara perceraian Pengadilan Agama dalam perspektif hukum Islam dan gender. Advokat APSI DPW DIY membela pemohon (suami) akan tetapi tetap memperhatikan hal-hak dari seorang istri (termohon). Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Apakah advokat APSI DPW DIY dalam membela pemohon perceraian mendasarkan pada hukum Islam?, dan Apakah Advokat APSI DPW-DIY dalam membela pemohon sesuai dengan perspektif gender? Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yang bertujuan untuk memberikan penjabaran dan penjelasan dengan menyampaikan fakta atau kejadian advokat APSI-DPW DIY dalam membela pemohon pada perkara perceraian. Pengumpulan data melalui wawancara langsung ke subyek penelitian serta pengamatan yang dilakukan di lapangan dan data-data berupa dokumen yang ada di lapangan. Wawancara beberapa responden yaitu terhadap 7 advokat APSI-DPW DIY terutama pengurus harian dan 5 klien advokat APSI DIY. Analisis data dengan cara mengelompokkan dan menyeleksi data yang diperoleh menurut kualitas dan kebenarannya, kemudian kategorikan berdasarkan tema dan sub-sub bahasan dan dihubungkan dengan teori-teori dari studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan pertama advokat APSI DPW-DIY bagaimana membela pemohon mendasarkan pada hukum Islam. Advokat APSI DPW DIY tidak hanya membela yang bayar yaitu Pemohon (suami) sebagai kliennya yang membayar, akan tetapi juga memperhatikan hak-hak Termohon (istri), memberikan nasihat-nasihat agar tidak bercerai karena bercerai adalah hal yang dibenci Allah SWT, memberikan solusi terbaik sehingga tidak menimbulkan masalah yang baru. Kedua, Advokat APSI DPW-DIY dalam membela pemohon sesuai dengan perspektif gender. Advokat APSI DPW DIY walaupun membela Pemohon (laki-laki) tetap menekankan hak-hak untuk Termohon (istri), hal ini terlihat dari hasil penelitian yang selalu mendorong kliennya untuk memberikan nafkah kepada istrinya apabila terjadi perceraian seperti nafkah iddah, mut‟ah, dan nafkah terhutang yang belum terbayar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Lindra Damela, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: advokat; talak; pembelaan; perceraian; gender
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Perceraian dalam Islam
Ilmu Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 May 2023 08:15
Last Modified: 12 May 2023 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58509

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum