SEJAHTERAKAN UMAT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH BADAN AMIL ZAKAT (STUDI UPAYA BAZNAS KOTA YOGYAKARTA)

Choirul Muna, NIM.: 19102030071 (2023) SEJAHTERAKAN UMAT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH BADAN AMIL ZAKAT (STUDI UPAYA BAZNAS KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SEJAHTERAKAN UMAT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH BADAN AMIL ZAKAT (STUDI UPAYA BAZNAS KOTA YOGYAKARTA))
19102030071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SEJAHTERAKAN UMAT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH BADAN AMIL ZAKAT (STUDI UPAYA BAZNAS KOTA YOGYAKARTA))
19102030071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Zakat sebagai salah satu konsep dalam mewujudkan kesejahteraan umat saat ini menjadi perspektif baru. Hal ini menarik terlepas dari bahwa potensi zakat di Indonesia cukup besar. Hanya saja, hingga sejauh ini model pengelolaan zakat dalam mewujudkan kesejahteraan umat masih bersifat konsumtif. Oleh karena itu, perlu sekali adanya studi yang mengkaji baik dalam bentuk kiat-kiat atau eksplorasikan secara eksplisit. Berdasar pada hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasikan upaya dan menganalisis hasil dari program pemberdayaan ekonomi produktif oleh BAZNAS Kota Yogyakarta dalam mewujudkan kesejahteraan mustahik (umat). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik cluster dengan dipadukan random atau berdasarkan kriteria. Supaya akurat dan terjamin validitasnya, penelitian ini memakai dua triangulasi data, yakni triangulasi sumber dan metode. Untuk analisis data, peneliti menggunakan empat tahapan; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Temuan lapangan menunjukkan bahwa BAZNAS Kota Yogyakarta melakukan beberapa upaya atau tahapan, misalnya studi tiru sebagai tolok ukur atau landasan dalam menentukan program. Memberikan kebebasan mustahik untuk menentukan jenis wirausahanya. Membentuk karakter mandiri mustahik melalui pengembangan kapasitas semasa pembinaan, hingga dengan membentuk mindset mustahik supaya semangat berzakat, infaq dan sedekah. Temuan tersebut menuntun pada paradigma baru dalam upaya mensejahterakan umat. Dapat dikatakan lembaga amil zakat secara umum memiliki peran yang penting. Sayangnya, hal ini masih kurang diketahui oleh khalayak umum. Oleh karena itu, penelitian ini menganjurkan untuk perlu adanya branding, pengelolaan laporan, sosial media dan pembuatan konten yang disajikan edukatif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: BAZNAS, Pemberdayaan, Upaya Mensejahterakan, Zakat Produktif
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 May 2023 13:45
Last Modified: 12 May 2023 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58533

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum