PENGEMBANGAN PENERAPAN APLIKASI SISKOHAT (SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU) PADA PELAYANAN JEMAAH HAJI REGULER DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022

Khoirunnisa’, NIM.: 19102040019 (2023) PENGEMBANGAN PENERAPAN APLIKASI SISKOHAT (SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU) PADA PELAYANAN JEMAAH HAJI REGULER DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PENERAPAN APLIKASI SISKOHAT (SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU) PADA PELAYANAN JEMAAH HAJI REGULER DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PENERAPAN APLIKASI SISKOHAT (SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU) PADA PELAYANAN JEMAAH HAJI REGULER DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan aplikasi SISKOHAT dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji reguler di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Tahun 2022. Teori yang digunakan adalah teori pelayanan berbasis digital (Electronic Government) serta elemen sukses pengembangan pelayanan berbasis digital. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis interaktif model Miles dan Huberman yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi SISKOHAT di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta masih bersifat top down, artinya mengikuti arahan dan instruksi pengembangan yang dilakukan oleh pusat dengan menerapkan jenis pelayanan berbasis publish, interact, dan control. Berdasarkan indikator elemen sukses pengembangan pelayanan berbasis digital, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta telah memiliki ketiga indikator dari elemen sukses tersebut, diantaranya support, capacity dan value. Disisi lain, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta juga melakukan inovasi pada aplikasi SISKOHAT dengan menerapkan pengembangan secara mandiri dalam bentuk back up data jemaah haji reguler melalui aplikasi Excel untuk melakukan cek estimasi keberangkatan haji dengan kuota normal, memberikan catatan kepada jemaah yang belum menunaikan ibadah haji dan tidak diketahui keberadaannya, serta melakukan monitoring terhadap jemaah yang telah melakukan pembatalan dan pelimpahan porsi haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si.
Uncontrolled Keywords: SISKOHAT, Pelayanan Jemaah Haji, Penyelenggaraan Haji
Subjects: Sistem Informasi
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 May 2023 14:02
Last Modified: 12 May 2023 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58543

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum