STRATEGI BRANDING BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) SLEMAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT TERHADAP GERAKAN CINTA ZAKAT MENYEJAHTERAKAN UMAT

Arifiastuti Karimah Nurfitriana, NIM.: 19102040080 (2023) STRATEGI BRANDING BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) SLEMAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT TERHADAP GERAKAN CINTA ZAKAT MENYEJAHTERAKAN UMAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BRANDING BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) SLEMAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT TERHADAP GERAKAN CINTA ZAKAT MENYEJAHTERAKAN UMAT)
19102040080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BRANDING BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) SLEMAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT TERHADAP GERAKAN CINTA ZAKAT MENYEJAHTERAKAN UMAT)
19102040080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari adanya himbauan Presiden Jokowi berupa Gerakan Cinta Zakat secara nasional, agar minat masyarakat untuk berzakat mengalami peningkatan. Dalam hal ini BAZNAS Sleman telah merespon dengan mengimplementasikan berbagai program melalui strategi branding. Namun pada kenyataannya kesadaran masyarakat masih kurang untuk menyalurkan zakatnya ke lembaga BAZNAS Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan yang kemudian menghasilkan data deskriptif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian pada uji keabsahan data yang dilakukan oleh peneliti, dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi branding BAZNAS Sleman berupa: 1) Sosialisasi kepada unit pengumpulan zakat. 2) Kampanye melalui implikasi gerakan cinta zakat, melalui media baliho atau spanduk. 3) Digital marketing melalui media sosial dan scan QRIS. Hasil dari analisis Porter’s Generic Competitive Strategies BAZNAS Sleman lebih cenderung pada strategi fokus, karena strategi fokus ini digunakan untuk membangun keunggulan kompetitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munif Solikhan, MPA
Uncontrolled Keywords: Strategi Branding, BAZNAS Sleman, Menarik Minat
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Sosial, Gerakan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 May 2023 14:11
Last Modified: 12 May 2023 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum